Comscore Tracker

Akses Jalan Tol ke IKN di Penajam Paser Utara Mulai Digarap

Lima lokasi jadi pelabuhan logistik

Penajam, IDN Times - Bentuk keseriusan pemerintah pusat untuk mewujudkan ibu kota negara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU)-Kutai Kartanegara (Kukar) makin terlihat. Pembangunan akses jalan tol menuju lokasi IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai digarap.  

"Sekarang pembangunan jalan tol sebagai akses transportasi menuju wilayah IKN di Kecamatan Sepaku telah dilakukan," ujar Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setkab PPU, Ahmad Usman, kepada IDN Times, Jumat (5/11/2021).

1. Pembangunan jalan tol tersebut terdapat lima segmen sebagai akses ke wilayah IKN

Akses Jalan Tol ke IKN di Penajam Paser Utara Mulai DigarapSimpul transportasi pendukung IKN (Dok. Tim Pokja IKN Kemenhub)

Dibeberkannya, dalam pembangunan jalan tol tersebut terdapat lima segmen yang nanti akan dibangun sebagai akses ke wilayah IKN, di mana kelak di lokasi tersebut secara bertahap dibangun  Kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). 

“Istana presiden, kantor pusat pemerintahan dan pemukiman bagi pegawai negeri, TNI/Polri dan masyarakat umum masuk dalam. KIPP di IKN kelak,” urai Ahmad Usman.

Dikatakannya, selain itu pemerintah berencana membangun tiga tol penghubung menuju IKN. Tol pertama akses dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan International Airport menghubungkan ke wilayah Sepaku. 

“Kedua, jalan tol yang menghubungkan Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan PPU juga ke Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Kabupaten Paser. Dan  jembatan tol Teluk Balikpapan- PPU merupakan yang terakhir,” sebutnya. 

Baca Juga: Astaga, Kasus HIV/AIDS di Penajam Paser Utara Capai 109 Kasus

2. Juga dilakukan sejumlah pembangunan infrastruktur skala besar lainnya

Akses Jalan Tol ke IKN di Penajam Paser Utara Mulai DigarapProyek strategis nasional pembangunan bendungan Sepaku penunjang air bersih IKN (IDN Times/Ervan)

Kemudian, tambahnya, juga dilakukan sejumlah pembangunan infrastruktur skala besar lainnya, antara lain, pembangunan bendungan dengan daya tampung 11,6 juta kubik dengan debit air 2.400 liter per detik di mana kini sudah masuk tahap pembangunan fisik. 

“Pembangunan infrastruktur pendukung penunjang pasokan air bersih berupa intake dan jaringan pipa transmisi sungai juga dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) termasuk pekerjaan jalan lingkar di wilayah Kecamatan Sepaku terbagi dalam segmen satu, dua dan segmen tiga menuju istana negara, anggarannya  dari APBN didukung APBD Provinsi Kaltim,” kata Ahmad Usman. 

3. Disiapkan pelabuhan sandar guna pemenuhan kebutuhan logistik pembangunan IKN

Akses Jalan Tol ke IKN di Penajam Paser Utara Mulai DigarapPelabuhan Semayang Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Anggota Tim Pokja IKN  Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ady Irawan menyatakan, Kemenhub telah siapkan pelabuhan laut sandar kapal guna pemenuhan kebutuhan logistik pembangunan IKN. Sedikitnya terdapat lima lokasi pelabuhan antara lain pelabuhan Semayang, PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT).

“Kemudian mempersiapkan Terminal Khusus (Tersus) milik PT ITCIKU, Tersus PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) serta dermaga jembatan pulau balang bentang pendek dan bentang panjang,” ungkap Ady.

4. Telah direncanakan pembangunan infrastruktur transportasi kawasan IKN

Akses Jalan Tol ke IKN di Penajam Paser Utara Mulai DigarapAdy Irawan (IDN Times/Ervan)

Selain itu, pihaknya melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan telah merencanakan pembangunan infrastruktur transportasi kawasan IKN tersebut, di mana  lokasinya akan dipusatkan di Sepaku PPU dan Samboja Kukar.

“Pembangunan ini bagian dari kegiatan tim kelompok kerja Satgas Infrastruktur IKN, terdiri Kemenhub, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  Kemenhub merencanakan sistem transportasi di IKN kelak hal ini bagian dari kegiatan tim kelompok kerja IKN Kemenhub," pungkasnya.

Baca Juga: Awas! Perampok dengan Senpi dan Sajam Satroni Warga Giripurwa Penajam 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya