Hari ini dua Warga Sepaku PPU Dinyatakan Positif COVID-19

87 orang masih berstatus positif

Penajam, IDN Times  - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menyatakan, ada tambahan dua pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Keduanya merupakan warga Kecamatan Sepaku. 

"Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini berkode PPU 896 perempuan (30) dan PPU 897 perempuan (19), keduanya warga asal Kecamatan Sepaku," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 PPU dr Jansje Grace Makisurat, Senin (1/03/2021). 

1. Hari ini juga ada 10 pasien yang telah selesai isolasi atau sembuh

Hari ini dua Warga Sepaku PPU Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Selain tambahan pasien baru positif COVID, Grace menyebutkan, kabar baik informasi 10 pasien telah selesai masa isolasi mandiri atau sembuh. Selama proses isolasi ini, mereka memperoleh pengawasan ketat dari Satgas COVID-19 PPU.

"Hari ini ada dua kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan kode PPU 896 dan PPU 897, sementara kasus pasien positif sembuh sebanyak 10 orang," tuturnya.

Baca Juga: Kisah Wartawan Balikpapan Divaksinasi COVID-19, Ada yang Ingin Kabur!

2. Tambahan 14 kasus dari klaster keluarga dan nakes Petung

Hari ini dua Warga Sepaku PPU Dinyatakan Positif COVID-19Bahaya Klaster Keluarga (IDN Times/Arief Rahmat)

Sedangkan jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di hari Minggu kemarin (28/2/2021) alami penambahan sebanyak 14 orang.  Di mana enam pasien di antaranya klaster keluarga dan satu tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Petung. 

"Tambahan 14 kasus pasien positif COVID-19 Minggu kemarin berkode PPU 882 sampai dengan PPU 895. 11 pasien merupakan warga Kecamatan Penajam, dua orang asal Kecamatan Sepaku dan satu warga Kecamatan Babulu," ujarnya.

3. Pasien klaster keluarga tinggal di Kecamatan Penajam

Hari ini dua Warga Sepaku PPU Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi Keluarga (IDN Times/Arief Rahmat)

Enam pasien dari klaster keluarga beralamat di Kecamatan Penajam, berkode PPU 883, PPU 884, PPU 894 dan PPU 895 semua warga Kelurahan Lawe-lawe.  Kemudian PPU 889 dan PPU 890 tinggal di Kelurahan Buluminung.

Sementara itu, nakes Puskesmas Petung berkode PPU 892 tinggal di Kelurahan Sungai Paret Kecamatan Penajam.

"Pasien dari klaster keluarga tersebut lima orang melakukan isolasi secara terpadu di Rusunawa Penajam. Hanya satu pasien yakni PPU 890 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) Kabupaten PPU. Sementara pasien dari nakes melakukan isolasi di Wisma PKK," sebutnya.

4. 20 pasien dinyatakan sembuh

Hari ini dua Warga Sepaku PPU Dinyatakan Positif COVID-19Bupati PPU, Abdul Gafur Mas'ud menyerahkan dokumen hasil pemeriksaan sembuh corona kepada seorang pasien (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Hari Sabtu lalu, ada tambahan 20 pasien menuntaskan isolasi mandiri. 

"Pasien positif yang telah selesai isolasi atau sembuh hari Sabtu sebanyak lima pasien, sedangkan pada Minggu kemarin ada 15 pasien sembuh. Sehingga total keseluruhan sebanyak 20 orang," urainya.

Update kasus COVID-19 di PPU terdapat 87 pasien masih menjalani perawatan dengan kesembuhan mencapai 771 jiwa. Total korban meninggal dunia di PPU sebanyak 39 kasus dengan angka konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 897 jiwa. 

"Ke 87 pasien berstatus positif tersebut sebanyak 75 pasien melaksanakan isolasi mandiri dan 12 dirawat di rumah sakit. Sedangkan kasus suspek COVID-19 juga ada tambahan sebanyak tiga kasus," ungkapnya. 

Baca Juga: Sudah Divaksin, Dua Nakes di Balikpapan Terpapar COVID-19

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya