Khusus Milenial, Pemkab PPU Beri Beasiswa Kuliah di STT Migas dan PIP 

Siapkan SDM yang unggul di IKN

Penajam, IDN Times - Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya kaum Milenial dan Generasi Z, karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU berikan beasiswa bagi yang ingin kuliah di Balikpapan pada Sekolah Tinggi Teknologi Mingas (STT Migas) dan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP).

Hal ini disampaikan Bupati PPU, Hamdam saat menerima audiensi yayasan STT Migas Balikpapan serta PIP Balikpapan di kantor bupati PPU, Kamis (22/6/2023).

“Masyarakat Kabupaten PPU kini tidak perlu bingung untuk melanjutkan pendidikan bagi putra-putrinya merupakan Milenial dan Generasi Z, karena Pemkab PPU telah bekerjasama dengan STT Migas dan PIP Balikpapan melalui jalur afirmasi khususnya beasiswa,” ujar Bupati PPU Hamdam, saat audensi.

1. Sudah jadi komitmen pemerintah kabupaten

Khusus Milenial, Pemkab PPU Beri Beasiswa Kuliah di STT Migas dan PIP Kampus STT Migas Balikpapan (IDN Times/Ervan)

Ia menjelaskan, beasiswa itu diberikan oleh negara bagi masyarakat tidak mampu. Ada juga beasiswa dari Pemkab PPU untuk mereka yang berprestasi dan ingin melanjutkan pendidikan di dua universitas ini.

Hamdam menegaskan, terkait pendidikan memang sudah menjadi komitmen Pemerintah kabupaten PPU, untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap di bidangnya. Apalagi kabupaten PPU memang memiliki wilayah laut sangat luas, tentunya harus didukung dengan SDM yang mumpuni dan profesional di bidangnya untuk mengelola itu.

“Ini adalah tawaran yang menarik untuk di jajaki kerja sama, dalam rangka bagaimana memberikan tempat bagi putra-putri kita di Kabupaten PPU yang memang ingin berprofesi sebagai pelaut atau di sektor kemaritiman,” kata Hamdam dihadapan Ketua Yayasan sekaligus Direktur PIP Balikpapan, Lauhil Machfudz, Ketua STT Migas Balikpapan, M. Lukman serta jajarannya. 

2. Tak perlu lagi kuliahkan anak ke luar

Khusus Milenial, Pemkab PPU Beri Beasiswa Kuliah di STT Migas dan PIP Kantor Bupati Penajam Paser Utara (IDN Times Ervan)

Diakuinya, dengan tawaran dari yayasan STT Migas maupun PIP Balikpapan itu, maka sekarang para orang tua di PPU tidak perlu lagi harus menguliahkan anaknya ke luar Kaltim. Karena, kampus ini telah diakui dan memiliki dosen-dosen berkompeten sesuai kapasitas dibidangnya. 

Selain itu, sambungnya, gedung dan fasilitas sekolah yang dimiliki pun sudah sangat baik, sehingga untuk mendapatkan pendidikan yang baik tentunya yayasan ini sudah pasti menyiapkan semua itu.

“Kita juga bersyukur sekali, bahwa dari pihak yayasan ada tawaran menarik untuk masyarakat PPU melalui ruang kerja sama ini,” tuturnya. 

Bahkan, lanjut Hamdam, pihaknya juga bersedia memberikan kesempatan berupa beasiswa bagi mereka-mereka yang kurang mampu maupun mereka-mereka yang berprestasi nantinya akan ada beasiswa dari pemda PPU.

“Kerja sama ini juga dilakukan dalam rangka peningkatan SDM PPU, tentunya disiapkan untuk mengisi Serambinya Ibu Kota Nusantara (IKN) di kabupaten ini nantinya,” sebutnya.

Baca Juga: Soal Tarif Air, PDAM Serahkan Keputusan pada Pemkab PPU

3. Didik SDM lokal jadi profesional maritim

Khusus Milenial, Pemkab PPU Beri Beasiswa Kuliah di STT Migas dan PIP Salah satu gedung fasilitas di Politeknik Ilmu Pelayaran Balikpapan. Sumber foto PIP Balikpapan

Pada kesempatan sama, Lauhil Machfudz mengungkapkan, kabupaten PPU memiliki potensi maritim kelautan yang sangat luar biasa.  Oleh karenanya, kedepan pihaknya bersedia memberikan kontribusi dan mendidik SDM lokal sehingga nanti bisa menjadi profesional maritim.

Hari ini, di Kaltim juga ada sekolah unggulan. Ia berharap Kabupaten PPU yang sebenarnya punya potensi maritim kelautan sangat luar biasa, kedepannya bisa didominasi oleh putra-putri daerah. 

“Oleh karena itu, kami bersedia memberikan kontribusi dan mendidik SDM lokal sehingga bisa menjadi profesional maritim yang siap bekerja, itulah visi misi kami,” tegasnya.

4. Berharap anak PPU bisa berkontribusi nyata

Khusus Milenial, Pemkab PPU Beri Beasiswa Kuliah di STT Migas dan PIP Jalannya audiensi Bupati PPU Hamdam dengan STT Migas serta PIP Balikpapan (IDN Times/Ervan)

Dikatakan Lauhil, pihaknya juga berharap bisa menjadikan anak-anak kabupaten PPU memiliki ilmu di bidang energi dan bisa berkontribusi nyata bagi daerah, dengan mengenyam pendidikan ditempatnya.

Untuk diketahui, urainya, tahun ini STT Migas Balikpapan akan menerima mahasiswa baru tahun Akademik 2023/2024, program studi D3 Teknik Instrumentasi dan Elektronika Migas, D3 Teknik Pengelolaan Migas, S1 Teknik Geologi, S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Perminyakan. 

Selain itu, pihaknya juga memberikan peluang beasiswa diantaranya PBUD Akademik non Akademik dan kerjasama. Kemudian Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), beasiswa pemerintah Daerah, beasiswa perusahaan dan beasiswa lainnya dengan link pendaftaran http://pmb.migas.ac.id atau dapat berkoordinasi di Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab PPU

“Kami menawarkan kepada bapak bupati, agar masyarakat lokal bisa sekolah di tempat kami dengan MoU kerjasama, sehingga kedepannya orang lokal tidak ketinggalan dalam hal kemaritiman maupun energi,” pungkasnya. 

Baca Juga: Sebanyak 134.383 Masyarakat PPU Ditetapkan Dalam DPT Pemilu 2014 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya