Comscore Tracker

Penajam Tambah Empat Positif dan Enam Sembuh COVID-19

Suspek COVID-19 capai 2.748 kasus

Penajam, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr Jansje Grace Makisurat mengatakan, per hari ini ada tambahan empat kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru dan enam kasus positif selesai isolasi atau sembuh.

"PPU dapat tambahan empat kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru dengan hasil uji sampel swab positif per hari ini, namun juga enam pasien positif hari ini yang dinyatakan selesai isolasi atau sembuh," ujarnya kepada IDN Times, Selasa (4/5/2021).

1. Pasien terkonfirmasi COVID-19 baru berkode PPU 1.226 hingga PPU 1.229

Penajam Tambah Empat Positif dan Enam Sembuh COVID-19Ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Dibeberkannya, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru masuk datanya per hari ini berkode PPU 1.226 hingga PPU 1.229 atau bertambah empat pasien. Sehingga total keseluruhan kasus pasien terkonfirmasi positif mencapai 1.229 kasus  terdata sejak 22 Maret 2020 lalu sampai sekarang.

"Empat pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru itu, datanya baru masuk per hari ini, sehingga total keseluruhan kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 hingga sekarang 1.229," katanya.

Baca Juga: Penajam Masih dalam Kondisi Luar Biasa Penanganan COVID-19

2. Hingga kini total pasien sembuh capai kasus 1.145 orang

Penajam Tambah Empat Positif dan Enam Sembuh COVID-19Pasien mendapatkan surat keterangan sembuh COVID-19 dari Jubir Satgas Penanganan COVID-19 PPU dr Jansje Grace Makisurat (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Sementara itu, jelasnya, untuk pasien terkonfirmasi positif yang telah selesai isolasi atau sembuh hingga kini total keseluruhan mencapai kasus 1.145 orang atau ada tambahan enam kasus.

"Pasien-pasien yang telah selesai isolasi tersebut, sebagai menjalani isolasi mandiri dan ada beberapa dirawat di rumah sakit tetapi sudah dinyatakan sembuh oleh tim dokter yang menanganinya," sebut Grace.

3. Masih ada 34 pasien kini berstatus positif COVID-19

Penajam Tambah Empat Positif dan Enam Sembuh COVID-19Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sementara itu, ungkapnya, untuk update kasus pasien terkonfirmasi COVID-19  dengan jumlah keseluruhan sebanyak 1.229 kasus ada 34 pasien berstatus positif di mana sebanyak 24 pasien di antaranya melaksanakan isolasi mandiri dan sisanya 10 pasien menjalani perawatan medis.

“10 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 saat sedang jalani perawatan medis di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU, karena mereka bergejala dan memiliki komorbid atau penyakit bawaan sehingga membutuhkan perawatan. Sementara itu untuk positif yang meninggal dunia masih pada angka 50 pasien,” terang Grace.

4. Kasus terbanyak masih berada di Kecamatan Penajam dengan 23 orang status positif

Penajam Tambah Empat Positif dan Enam Sembuh COVID-19Pos Pengetatan pelabuhan Fery Penajam salah satu mencegah penyebaran COVID-19 di PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sedangkan untuk jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 per kecamatan yakni kasus terbanyak masih berada di Kecamatan Penajam dengan 23 orang status positif, 753 orang selesai isolasi dan 29 orang meninggal, lalu Waru sejumlah dua orang warganya berstatus positif, 144 orang selesai isolasi serta ada empat orang meninggal.

“Kecamatan Babulu sebanyak tiga orang warganya  kini masih positif, lalu 108 orang selesai isolasi dan tujuh orang meninggal. Terakhir adalah Kecamatan Sepaku di mana ada enam orang berstatus positif, 140 orang selesai isolasi dan 10 orang meninggal,” urainya.

Untuk diketahui, kata Grace, hari ini juga terdapat penambahan lima kasus suspek COVID-19, sehingga jumlah kasus suspek COVID-19 sejak 22 Maret 2020 hingga hari ini total mencapai 2.748 kasus, 19 suspek di antaranya laksanakan isolasi mandiri dan dua pasien dirawat di Rumah Sakit karena memiliki komorbid.

“Hingga kini jumlah suspek yang telah meninggal dunia dengan komorbid hasil uji sampel swab negatif ada 18 orang,” pungkasnya.

Baca Juga: Bertambah Lagi, 2 Pasien Positif COVID-19 Asal Penajam Meninggal Dunia

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya