Comscore Tracker

Terganjal Pandemi, Hari Raya Kurban di Penajam Jadi Lengang

Kegiatan takbir keliling ditiadakan

Penajam, IDN Times - Perayaan hari raya kurban Idul Adha tahun 1442 Hijriah di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) lengang oleh jemaah, Selasa (20/7/2021). Pemerintah daerah memang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperketat di sejumlah wilayah menyusul pandemik COVID-19. 

Pantauan IDN Times di Kecamatan Penajam, jalur lalu lintas tidak ramai seperti biasa demikian pula jasa layanan penyeberangan kapal feri, perahu kelotok, speedboat di Pelabuhan Penyeberangan PPU-Balikpapan. 

1. Masyarakat diminta tetap semangat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari

Terganjal Pandemi, Hari Raya Kurban di Penajam Jadi LengangSejumlah penumpang dari Balikpapan menuju PPU masih terlihat di pelabuhan klotok Penajam (IDN Times/Ervan)

Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud lewat media sosial mengatakan, pada perayaan Idul Adha kali ini dirinya berpesan agar masyarakat tetap semangat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Insya Allah semoga Allah memudahkan kita dalam mengarungi badai COVID-19 di seluruh dunia ini khususnya di indonesia dan Kabupaten PPU. Saya ucapkan selamat hari raya Idul Adha, Happy Eid mubarak," ujarnya.

Ia sebagai Bupati PPU mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras seluruh tim penanggulangan COVID-19, apakah itu dari unsur TNI, Polri, aparatur sipil negara, hingga relawan. 

"Selain itu, kami ingatkan kepada para ketua RT, lurah, kades mari sama-sama kita imbau masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, tentunya semua ikhtiar yang kita lakukan semua ini kita kembalikan kepada Allah SWT karena sesungguhnya yang dapat melindungi kita dalam mara bahaya dan penyakit wabah ini adalah Allah SWT," sebutnya. 

Baca Juga: Upah Petugas Satgas COVID-19 Penajam Harus Dinilai Sewajarnya

2. Polres laksanakan patroli gabungan malam lebaran

Terganjal Pandemi, Hari Raya Kurban di Penajam Jadi LengangKapolres PPU, AKBP Hendrik Hermawan saat memberikan arahan kepada personel patroli gabungan malam lebaran (IDN Times/Ervan)

Terpisah Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan menjelaskan, situasi dan kondisi keamanan wilayah di Kabupaten PPU terpantau kondusif. Bahkan Senin malam (19/7/2021) pihaknya juga telah melaksanakan kesiap siaga  pengamanan malam perayaan Idul Adha berupa pelaksanaan patroli gabungan bersama personel TNI AD dari Kodim 0913/PPU dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) PPU.

Kegiatan diawali dengan apel kesiap siaga di halaman Mapolres PPU. Adapun peserta apel dari personel Polres dan Kodim 0913/PPU serta Satpol PP. Kegiatan patroli dibagi dua regu mengarah ke wilayah Kecamatan Penajam dan Petung. Kegiatan takbir keliling ditiadakan hanya digelar di masjid atau musola. 

"Seluruh personel patroli kami berikan imbauan agar melaksanakan tugas secara humanis dan mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas serta penerapan protokol kesehatan di beberapa titik berkumpul masyarakat. Hasil kegiatan ini kami tidak menemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan maupun kamtibmas,” sebutnya.

3. Polres bagikan daging kurban kepada masyarakat terdampak COVID-19

Terganjal Pandemi, Hari Raya Kurban di Penajam Jadi LengangPersonel patroli gabungan malam lebaran Idul Adha wilayah hukum Polres PPU (IDN Times/Ervan)

Selain itu, tambahnya, dalam perayaan Idul Adha kali ini, Polres PPU juga melakukan kegiatan pemotongan hewan kurban sebanyak tujuh ekor sapi.  Hasil pemotongan daging kurban tersebut diserahkan kepada masyarakat terdampak COVID-19.

“Ada tujuh ekor sapi yang kami kurbankan, hasil pemotongan tersebut kami distribusikan kepada masyarakat tidak mampu atau terdampak pandemik COVID-19 dan rekan-rekan wartawan di PPU,” tukasnya.

4. Polsek juga bagikan sembako bagi warga terdampak COVID-19

Terganjal Pandemi, Hari Raya Kurban di Penajam Jadi LengangAnggota Bhabinkamtibmas Polsek dan Babinsa Koramil Penajam saat bagikan paket sembako ke masyarakat terdampak COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, untuk kegiatan bantuan sosial dalam rangka mengimbangi dampak PPKM darurat, masing-masing Polsek di PPU dan Koramil tetap fokus dalam membantu masyarakat terdampak kondisi COVID-19. 

Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Penajam dengan mendistribusikan sejumlah paket sembako pada warga tidak mampu dan terdampak COVID-19.  Saat itu pula, personel polisi menyampaikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya penerapan disiplin protokol kesehatan serta pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Baca Juga: Haru! Para RT di Penajam Sediakan Makanan Gratis untuk Pasien Isoman

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya