Angkasa Pura I Balikpapan Antisipasi Cacar Monyet dari Singapura  

Cek suhu tubuh penumpang

Balikpapan, IDN Times - Kasus virus cacar monyet (Human Monkeypox) di Singapura menyebabkan keresahan masyarakat.

PT. Angkasa Pura I (Persero) bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan telah melakukan pemeriksaan penumpang dari Singapura sesuai S.O.P (Standard Operating Procedure) untuk mencegah masuknya virus cacar monyet masuk ke Indonesia melalui bandara.

1. Siaga Lakukan Pemeriksaan Sesuai SOP

Angkasa Pura I Balikpapan Antisipasi Cacar Monyet dari Singapura  IDN Times/M.Idris

Baca Juga: Ini 8 Fakta Penyakit Cacar Monyet yang Menyebar di Singapura

Penerbangan dari Singapura ke Bandara SAMS Sepinggan seminggu tiga kali, pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Pihak Angkasa Pura I telah meminta kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk siaga melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang terjadwal maupun yang tidak terjadwal.

General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan Farid Indra Nugraha  mengatakan, "Kami pastikan akan ditangani dengan baik dan KKP sudah siap, mulai dari fasilitas peralatan maupun penanganan jika ada yang terjangkit virus cacar monyet tersebut," jelasnya.

Ia menambahkan, "Karena hanya satu kali penerbangan dari Singapura, maka kami akan menjalankan produser sesuai dengan S.O.P yang ada. Kami on (siaga) di Terminal Internasional mudah-mudahan tidak menyebar masuk ke Indonesia melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan", ungkap Farid.

2. Masyarakat diimbau tidak resah akan penyebaran virus cacar monyet ini melalui Bandara SAMS Sepinggan

Angkasa Pura I Balikpapan Antisipasi Cacar Monyet dari Singapura  thestar.com.my

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) ini sudah menjalankan S.O.P pemeriksaan jika terjadi informasi penyebaran virus yang berbahaya dari negara lain yang bisa saja masuk ke Indonesia melalui bandara. Untuk mencegah masuknya virus cacar monyet ini ke Balikpapan,  Bandara SAMS melakukan pemeriksaan suhu badan kepada setiap penumpang yang mendarat.

"Nanti kita scanner, namun tidak semua,  kita sampling dilihat apakah akan terdeteksi,”ujarnya

Pemeriksaan penumpang ini langsung akan di lakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan dengan memeriksa penumpang dari Singapura pada Senin, Rabu dan Jumat.

3. Kasus monkeypox pertama di Singapura

Angkasa Pura I Balikpapan Antisipasi Cacar Monyet dari Singapura  AFP

Pemerintah Singapura telah mengonfimasi kasus monkeypox pertama di negara itu awal Mei lalu, penderitanya adalah seorang pria asal Nigeria.

Virus Human Monkeypox (MPX) ditularkan ke manusia dari binatang liar seperti tikus atau primata, seperti kera. Hewan pengerat/ tikus merupakan penyebab penularan terbesar cacar monyet. Daerah endemis cacar monyet ini ada di Afrika tengah dan barat.

Penularan terjadi karena kontak dengan darah, cairan tubuh, lesi kulit atau mukosa dari binatang yang terinfeksi.

Laporan Kontributor IDN Times Kaltim M. Idris

Baca Juga: Cegah Sebaran Virus Cacar Monyet, Pengawasan Bandara Soetta Diperketat

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya