Belajar Tatap Muka Juli 2021, Guru PAUD dan TK Jadi Prioritas Vaksin

Baru 2.750 guru mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah pusat telah menetapkan pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan kembali pada tahun ajaran baru Juli 2021 mendatang meskipun pandemik virus corona masih terus berlangsung. Program vaksinasi COVID-19 kepada para tenaga pendidik pun menjadi salah satu fokus perhatian dan ditargetkan selesai pada Juni 2021.

Pemerintah Kota Balikpapan pun mengejar agar para guru dan tenaga pendidik mendapatkan vaksinasi COVID-19 sebelum tahun ajaran baru dimulai.  

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, "Total 7.000 guru, belum semua divaksin," ujarnya melalui pesan tertulis pada Selasa (30/3/2021). 

1. Masih ada 4.250 guru yang belum divaksinasi

Belajar Tatap Muka Juli 2021, Guru PAUD dan TK Jadi Prioritas VaksinIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Perempuan yang akrab disapa Dio ini menjelaskan, "Yang sudah divaksin 2.750 guru. Dari 2.750 itu ada 750 yang sudah divaksin dua kali," ujarnya.

Artinya masih ada sebanyak 4.250 guru yang belum mendapatkan vaksinasi baik yang dosis pertama maupun kedua. 

Selain itu Dio juga mengungkapkan, sesuai petunjuk Kementerian Kesehatan kepada kepala daerah, vaksinasi guru ini dimulai dari tingkat pendidikan terkecil untuk mengejar target pembelajaran tatap muka di bulan Juli 2021 mendatang. 

Jika semula target vaksinasi bagi guru di atas 50 tahun, kini akan diarahkan juga kepada guru TK dan PAUD.

Baca Juga: Pengajar Balikpapan Terima Vaksin COVID-19, Guru Akhirnya Bisa Lega

2. Lansia juga menjadi kelompok rentan terutama menjelang Lebaran

Belajar Tatap Muka Juli 2021, Guru PAUD dan TK Jadi Prioritas VaksinPetugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia) yang berusia 104 tahun di RS Vania, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Kementerian Kesehatan tidak hanya memprioritaskan kepada para guru tetapi juga lansia. Lansia merupakan kelompok rentan yang penting untuk segera mendapatkan vaksinasi menjelang libur Idul Fitri dimana pergerakan penduduk akan meningkat.

Selain itu, vaksinasi lansia ini juga tidak lagi dibatasi oleh KTP maupun domisili, dimana stok vaksin yang digunakan untuk lansia dari luar daerah akan diganti oleh Kemenkes.

3. Pembelajaran tatap muka terbatas berdasarkan SKB 4 Menteri

Belajar Tatap Muka Juli 2021, Guru PAUD dan TK Jadi Prioritas VaksinIDN Times/Margith Juita Damanik

Sebelumnya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah akan membuka pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021, hal ini seiring dengan program vaksinasi bagi para guru dan tenaga pendidik yang ditargetkan selesai pada Juni ini.

"Pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021, diharapkan seluruh satuan pendidikan dapat menyediakan layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas," ujar Muhadjir melalui channel YouTube Kemendikbud RI, Selasa (30/3/2021).

PTM  terbatas ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri yaitu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) serta Menteri Agama (Menag).

"Saya sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah untuk pelaksanaan keputusan empat menteri ini dengan turut memberikan sosialisasi kepada satuan pendidikan yang ada di wilayahnya masing-masing," ucap Muhadjir.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Tingkat RT di Balikpapan akan Dapat Bantuan Rp2 Juta

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya