Comscore Tracker

Dobrak Tradisi, Mayjen TNI Richard Tampubolon Pilih Naik Motor

Pelepasan Kasdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Richard Tampubolon

Balikpapan, IDN Times - Mayor Jenderal TNI Richard Tampubolon, SH.MM. secara resmi mengakhiri tugas di Kodam VI/Mulawarman sebagai Kasdam VI/Mulawarman. Pelepasan Richard dilakukan Kamis (5/12) di Makodam ditandai dengan penciuman Pataka Kodam VI/Mlw sebagai tanda berakhirnya tugas sebagai Kasdam VI/Mulawarman

Setelah menjabat sebagai Kasdam VI/Mulawarman selama 11 bulan, Richard dipromosikan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) I yang berkedudukan di Tanjung Pinang dan merupakan organisasi baru di lingkungan TNI.

1. Untuk kedua kalinya Kasdam VI/Mulawarman dipromosikan menjadi jenderal bintang dua

Dobrak Tradisi, Mayjen TNI Richard Tampubolon Pilih Naik MotorPangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Mayjen TNI Richarh Tampubolon (Dok.Pendam VI/Mulawarman)

Pada acara ini, Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Subiyanto mengatakan, "Untuk kedua kalinya Kasdam VI/Mulawarman dipromosikan menjadi bintang dua dan menduduki jabatan yang lebih tinggi. Tentunya seluruh prajurit Kodam VI/Mulawarman berbangga karena Kasdam kita mendapatkan promosi jabatan menjadi Jenderal berbintang dua,“ jelasnya.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Richard mewakili seluruh keluarga besar Kodam VI/Mulawarman atas pengabdian yang besar kepada satuan Kodam VI/Mulawarman.

“Di masa Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon menjabat sebagai Kasdam VI/Mulawarman banyak inovasi yang dilakukan untuk mengangkat nama baik dan kehormatan Kodam VI/Mulawarman, “ kata Pangdam.

Baca Juga: Pemprov Kaltim Siap Dukung Penyediaan Lahan Kodam Baru di Lokasi IKN

2. Tugas Kodam VI/Mulawarman akan semakin berat setelah Kaltim ditetapkan sebagai ibu kota negara

Dobrak Tradisi, Mayjen TNI Richard Tampubolon Pilih Naik MotorPelepasan Mayjen TNI Richard Tampubolon dari Kodam VI/Mulawarman

Sementara itu Richard menjelaskan selama menjabat Kasdam VI/Mulawarman beberapa momen kegiatan penting nasional telah digelar dan berjalan aman serta lancar, 

“Semua kegiatan terkoordinasi dengan baik, sinergitas antara TNI dengan POLRI, masyarakat, tokoh agama dan seluruh ormas terbina dengan baik pula. Ini merupakan kunci utama dalam bersinergi, saling memahami dan saling mengerti,” ujar Richard.

Ia menambahkan tugas akan semakin berat dengan ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara yang baru. "Dengan perencanaan yang baik oleh seluruh staf dan satuan maka dari itu Kodam akan mampu melaksanakan tugas rutin maupun tugas tambahan lainnya,  dengan baik,” ujar Richard.

3. Pilih naik motor boncengkan istri, daripada naik kendaraan taktis

Dobrak Tradisi, Mayjen TNI Richard Tampubolon Pilih Naik MotorMayjen TNI Richard Tampubolon dan istri meninggalkan tempat dengan sepeda motor (Dok.Pendam VI/Mulawarman)

Pelepasan pejabat biasanya dengan pengawalan dan kendaraan militer, namun pada acara pelepasan Kasdam VI/Mulawarman kali ini, Mayjen TNI Richard TH Tampubolon mendobrak tradisi lama.

Ia beserta istrinya justru memilih menaiki kendaraan roda dua saat meninggalkan Makodam. Hal ini menjadi simbol kesederhanaan Richard dalam menjalankan tugas pengabdian di Kodam VI/Mulawarman.

Baca Juga: Pelindo Minta Pemerintah Kaji Jembatan Tol Balikpapan-Penajam

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You