Comscore Tracker

Ajaib, Warga Pemalang Selamat setelah Tiga Hari Terapung di Laut Jawa 

Kapal penangkap cumi berangkat dari Jakarta-Banjarmasin

Balikpapan, IDN Times - Tim SAR Gabungan Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mengevakuasi warga Pemalang  bernama Triyono (26) yang terapung selama 3 hari di perairan laut Jawa. Anehnya, korban memang sengaja melompat ke laut dari kapal yang ditumpanginya karena berselisih paham dengan rekannya sesama awak kapal. 

“Saya melompat ke laut karena tidak tahan dengan tekanan yang ABK kapal nelayan cumi yang saya tumpangi,” kata pria ini usai diselamatkan tim SAR Gabungan Balikpapan, Jumat (6/8/2021). 

1. Menumpang kapal penangkap cumi dengan tujuan Balikpapan

Ajaib, Warga Pemalang Selamat setelah Tiga Hari Terapung di Laut Jawa Warga Pemalang bernama Triyono (26) yang terapung di Laut Jawa. Foto SAR Balikpapan

Korban yang beralamat di Jalan Flamboyan RT03/RW01 Desa Wonokromo Kecamatan Comal, Pemalang Jawa Tengah ini menumpang kapal nelayan penangkap cumi yang berlayar dari Jakarta ke Banjarmasin Kalimantan Selatan  (Kalsel).

“Saya sebenarnya mau ke Balikpapan juga karena ada keluarga yang nantinya akan menjemput,” katanya.

Baca Juga: Balikpapan Ekspor Damar Batu ke Bangladesh, Produk Jarang Terekspos

2. Terpapung selama 3 hari

Ajaib, Warga Pemalang Selamat setelah Tiga Hari Terapung di Laut Jawa Kapal MV Royalti Pertamina yang menyelamatkan korban di Laut Jawa. Foto SAR Balikpapan

Namun di tengah pelayaran itu, Triyono mengaku terjadi perselisihan dengan salah seorang ABK kapal penangkap cumi itu. Ia pun akhirnya nekat melompat ke laut hanya berbekal pelampung badan serta tas pakaian miliknya. 

Selama tiga hari itu, Triyono bertahan hidup dengan terombang-ambing serta hanyut terbawa arus perairan Laut Jawa. Hingga akhirnya ia ditemukan dan diselamatkan awak kapal MV Royalti Pertamina.  

“Terapung selama tiga hari, akhirnya saya diselamatkan ABK MV Royalti Pertamina yang kebetulan melintas,” ujarnya.

3. Tim SAR terjunkan kapal penyelamat dan tim rescue

Ajaib, Warga Pemalang Selamat setelah Tiga Hari Terapung di Laut Jawa Proses evakuasi korban di Laut Jawa oleh SAR Balikpapan. Foto SAR Balikpapan

Sementara itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Balikpapan Melkianus Kotta mengatakan, pihaknya menerima laporan tentang penemuan seseorang yang terapung di tengah laut, Jumat (6/9/2021) pukul 11.10 Wita.

“Kami terima laporan dari Sandy anggota Kepolisian Posek Pelabuhan Semayang Balikpapan, ada warga terapung yang berhasil diselamatkan ABK Royalti Pertamina dalam keadaan sehat, dan kapal dalam kondisi labuh jangkar di Teluk Balikpapan,” paparnya.

Selanjutnya, Basarnas Balikpapan pun langsung menerjunkan tim rescue berjumlah 7 orang berangkat dengan KN 408 Wisangeni untuk melakukan evakuasi dan perawatan medis (medivac) terhadap korban.

Baca Juga: Kasus Tinggi, Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi di Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya