Dinkes Kaltim Temukan 95 Kasus Suspek Campak 

Jumlahnya meningkat tajam dalam dua minggu

Samarinda, IDN Times - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Dinkes Kaltim) mencatat terjadinya peningkatan kasus campak. Dinkes menemukan adanya temuan 95 kasus suspek campak di wilayah Kaltim.

Kepala Dinkes Kaltim dr Jaya Mualimin mengatakan selama tiga bulan terakhir kasus campak terjadi di sejumlah wilayah.  Jumlahnya meningkat dari 19 kasus suspek menjadi 95 kasus suspek. Padahal, lanjut Jaya pelaksanaan vaksinasi campak di sejumlah wilayah sudah terlaksana dengan baik, khususnya bagi para balita.

"Cakupan vaksinasi campak di Kaltim sudah di atas 80 persen," ungkapnya seperti dikutip dari ANTARA pada Sabtu (4/2/2023).

1. Temuan kasus suspek

Dinkes Kaltim Temukan 95 Kasus Suspek Campak ilustrasi imunisasi campak dan manfaatnya (freepik.com)

Jaya mengatakan 95 suspek tersebut ditemukan di Berau 2 kasus suspek, Kutai Kartanegara 16 kasus suspek, Kutai Timur 20 kasus suspek, Paser 8 kasus suspek, Penajam Paser Utara 1 kasus suspek, Balikpapan 6 kasus suspek, Bontang 1 kasus suspek, Samarinda 40 kasus suspek, Mahakam Ulu 1 kasus suspek.

"Kita terus waspada termasuk mengirim sampel ke Jakarta,"terangnya.

Baca Juga: KPU Samarinda Berkomentar tentang Terbakarnya Gudang Logistik Pemilu

2. Riwayat vaksinasi kurang

Dinkes Kaltim Temukan 95 Kasus Suspek Campak ilustrasi penanganan pada campak (freepik.com/freepik)

Usai melakukan koordinasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia Kaltim, bahwa anak-anak yang di duga campak ini status riwayat vaksinasinya kurang. Hal tersebut yang membuat mereka mudah terinfeksi penyakit ini.

Ia pun mendorong posyandu-posyandu kembali aktif melakukan vaksinasi karena rata-rata anak bersekolah.

3. Vaksinasi

Dinkes Kaltim Temukan 95 Kasus Suspek Campak ilustrasi imunisasi campak (freepik.com/freepik)

Jaya berharap para orang tua bisa segera memberikan vaksinasi secara lengkap mulai dari imunisasi dasar sejak balita agar ke depan kesehatan anak-anak mereka dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari campak.

"Orang tua diharapkan memberikan vaksinasi secara lengkap," ujarnya.

Baca Juga: Anggota DPRD Kaltim Apresiasi Pemkot Samarinda dalam Tangani Banjir

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya