Pemerintah Restorasi Lahan Mangrove di Sekitar Kawasan IKN

Mangrove punya banyak keuntungan bagi lingkungan

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah komitmen dalam merestorasi kawasan mangrove di sekitar kawasan Ibukota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur (Kaltim). Keberadaan hutan mangrove atau bakau punya banyak keuntungan lingkungan bagi wilayah di sekitarnya, dari penangkal sedimentasi pantai, pemecah ombak, angin, ekosistem ikan, hingga penyerapan karbon di udara. 

"Kawasan di sekitar IKN yang akan kami perhatian kondisinya mangrove ke depan," kata Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Hartono Prawiraatmaja di Balikpapan, Sabtu (10/6/2023). 

1. Kondisi mangrove di IKN

Pemerintah Restorasi Lahan Mangrove di Sekitar Kawasan IKNPeringatan hari mangrove sedunia dengan menanam mangrove secara bersama di Kabupaten Langkat (IDN Times/ istimewa)

Hartono mengatakan, kondisi mangrove di IKN masih dalam kondisi bagus dengan luasan berkisar 12 ribu hektare. Kawasan hutan mangrove di IKN berada di sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara yang masuk dalam wilayah ibukota. 

"Kondisi mangrove di IKN masih bagus, kami fokus dengan kawasan mangrove di sekitarnya," paparnya. 

Ia menambahkan, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove akan fokus dalam penanganan kawasan mangrove berada di sekitar kawasan IKN. Dalam hal ini, sepanjang pesisir pantai di antara IKN-Balikpapan di mana kondisi kawasan mangrove seluas 1 ribu hektare dalam kondisi memprihatinkan. 

Menurut Hartono, keasrian kawasan mangrove di sekitar kawasan IKN tentunya sesuai konsepnya sebagai future smart forest city di masa depan.

Baca Juga: Emak-Emak di Balikpapan pun Berkontribusi Pengentasan Kemiskinan

2. Keuntungan kawasan mangrove bagi IKN

Pemerintah Restorasi Lahan Mangrove di Sekitar Kawasan IKNWisata Hutan Mangrove Kota Langsa atau Taman Mangrove Kuala Langsa di Kota Langsa, Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Kaitan restorasi kawasan mangrove, Hartono menyebutkan, akan memberikan keuntungan ekonomi, sosial, hingga lingkungan bagi masyarakat di Kaltim. Menurutnya, keberadaan mangrove terbukti mampu mengatasi persoalan sedimentasi di sepanjang pesisir pantai, menahan ombak, ekosistem ikan, pariwisata, hingga penyerapan karbon dalam isu lingkungan. 

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove secara bertahap akan  mengembalikan kuantitas mangrove di kawasan IKN, khususnya yang berada di wilayah Balikpapan. Sehingga keberadaannya nanti akan sejalan dengan keasrian lingkungan di IKN.

3. Komitmen restorasi gambut dan mangrove di Indonesia

Pemerintah Restorasi Lahan Mangrove di Sekitar Kawasan IKNMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Sabtu (10/6/2023). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Pemerintah secara resmi meresmikan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove menyusul bencana kebakaran hutan dan lahan di Riau pada 2015 silam. Presiden Joko Widodo menginstruksikan pemulihan kerusakan lahan gambut seluas 1,2 juta hektare dan kawasan mangrove seluas 600 ribu hektare hingga tahun 2024 mendatang. 

Seperti kali ini sudah dilakukan dengan pemulihan kawasan mangrove di sekitar IKN. Bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menggandeng stakeholder terkait. 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pun bekerja sama dengan PT Freeport Indonesia dan PT Pertamina (Persero) kaitan restorasi kawasan mangrove setempat. 

Baca Juga: Pertamina Balikpapan Sosialisasi Kondisi Darurat dan Penetapan DTT

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya