Truk Modifikasi Jadi Penyebab Kecelakaan Maut di Balikpapan?

Investigas KNKT atas kecelakaan perempatan Muara Rapak

Balikpapan, IDN Times - Kementerian Perhubungan mengumumkan informasi mengejutkan diduga menjadi penyebab utama kecelakaan maut di perempatan traffic light Mal Muara Rapak Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Peristiwa nahas di mana truk tronton lepas kontrol di turunan padat kendaraan hingga menimbulkan 4 korban tewas hingga 31 orang luka-luka. 

"Ada beberapa hal di sini untuk segera melakukan mitigasi penanganan berikutnya seperti apa? saya akan melakukan peninjauan kepada kendaraannya karena ada indikasi ada perubahan ROH, jadi konfigurasi bannya dirubah, harusnya panjangnya sekian kemudian dipanjangin artinya ada tambahan sasis di sisi kendaraan temuan itu untuk sementara,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi yang meninjau langsung lokasi ke kecelakaan, Minggu (23/1/2022). 

1. Hasil investigasi KNKT

Truk Modifikasi Jadi Penyebab Kecelakaan Maut di Balikpapan?Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi. Foto istimewa

Sebelumnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi penyebab utama kecelakaan maut sudah menelan banyak korban itu. Hasil investigasi KNKT menunjukkan adanya modifikasi rear over hang (ROH) pada sumbu roda truk maut tersebut. ROH adalah jarak antara garis tengah gardan belakang dengan bagian ujung belakang kendaraan. 

Modifikasi  truk ini diduga menjadi penyebab sopir gagal melakukan mengoperasikan sistem pengereman, hingga menubruk antrean kendaraan roda empat dan dua di traffic light perempatan Mal Muara Rapak. 

Usai melakukan investigasi, selanjutnya akan segera melakukan mitigasi penanganan agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Mengingat kawasan tersebut acap kali menjadi lokasi laka lantas yang menelan korban jiwa.

Baca Juga: Ajaib! Bocah Ini Selamat dari Tubrukan Truk Maut di Balikpapan

2. KNKT memeriksa truk kendaraan

Truk Modifikasi Jadi Penyebab Kecelakaan Maut di Balikpapan?Kecelakaan maut di perempatan traffic light Mal Muara Rapak Balikpapan Kaltim, Jumat (21/1/2022). Foto istimewa

Tim KNKT juga melakukan pemeriksaan terhadap truk maut dikemudikan Muhammad Ali. Truk tersebut diamankan sebagai barang bukti di Mapolresta Balikpapan.

“Kami investigasi sarana, prasarana di lokasi jalan nanti pemeriksaan saksi atau tersangka kita kumpul kan bukti-bukti saja temuannya apa begitu,” kata Investigator Subkom LLAJ KNKT M Budi Susandi.

Pemeriksaan yang dilakukan kata Budi meliputi sistem pengereman hingga transmisi. Namun, sayangnya dia enggan membeberkan secara rinci.

“Kami cek sistem pengereman, kemudi transmisi itu aja sama dimensi kendaraan, lebih jelasnya sama pak Dirjen saja ya biar ga simpang siur,” singkatnya.

3. Kecelakaan truk yang sering terulang di perempatan Mal Muara Rapak

Truk Modifikasi Jadi Penyebab Kecelakaan Maut di Balikpapan?Mobil orangtua Aska Daihatsu Ayla warna merah yang ringsek ditubruk truk di Balikpapan Kaltim, Jumat (21/1/2022). Foto istimewa

Kecelakaan fatal terjadi di perempatan Mal Muara Rapak di Balikpapan pada Jumat 21 Januari 2022 pukul 06.19 Wita. Truk tronton lepas kendali menubruk antrean puluhan kendaraan yang sedang antre di pemberhentian traffic light

Peristiwa tersebut viral memenuhi pemberitaan media massa lokal dan nasional. Apalagi setelah ditelusuri ternyata peristiwa kecelakaan kerap terjadi di tempat tersebut yang menimbulkan korban jiwa dan harta benda. 

Baca Juga: [BREAKING] Ini Data Korban Truk Maut di Balikpapan, 4 Tewas dan 1 kritis

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya