Samarinda Dapat Jatah Vaksin COVID-19 Paling Banyak di Kaltim

Distribusi vaksin masih menunggu analisis akhir BPOM

Samarinda, IDN Times - Vaksin COVID-19 akhirnya merapat di Samarinda melalui jalur darat. Sebelumnya penawar wabah corona ini tiba di Balikpapan pada Selasa (5/1/2020) pagi. Persisnya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Jumlahnya ada 25.520 vaksin. Disimpan dengan alat pendingin.

“25.520 vaksin ini untuk nakes (tenaga kesehatan/tenaga medis) 10 kabupaten/kota di Kaltim,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim, Padilah Mante Runa kepada sejumlah media di Jalan Anggur, Samarinda tepatnya di gudang penyimpanan vaksin COVID-19.

1. Distribusi vaksin COVID-19 masih menunggu analisis akhir dari BPOM

Samarinda Dapat Jatah Vaksin COVID-19 Paling Banyak di KaltimKepala Dinas Kesehatan Kaltim, dr Padilah Mante Runa (Dok. Humas Pemprov Kaltim/istimewa)

Lebih lanjut dia menerangkan, puluhan ribu vaksin ini nantinya tak langsung didistribusikan. Hingga kini pihaknya masih menunggu lampu hijau dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dan saat ini lembaga tersebut masih menunggu hasil uji klinis tahap tiga. Dasar inilah yang digunakan untuk menetapkan otorisasi penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin corona tersebut. Informasi dihimpun IDN Times, dalam proses analisis tersebut BPOM tak sendiri. Majelis Ulama Indonesia (MUI) turut ambil peran untuk audit halal, kemudian ada pula Bio Farma.

“Jika tuntas maka vaksin akan didistribusikan secara proporsianal ke kabupaten dan kota di Kaltim,” imbuhnya.

2. Samarinda dominasi jatah vaksin COVID-19 di Kaltim

Samarinda Dapat Jatah Vaksin COVID-19 Paling Banyak di KaltimPetugas saat mengangkut vaksin COVID-19 yang tiba di Samarinda dari Balikpapan lewat darat. Kini disimpan di gudang pendingin milik Diskes Kaltim di Jalan Anggur, Samarinda (Dok.IDN Times/Istimewa)

Meski demikian, vaksin corona ini belum bisa dinikmati masyarakat umum. Hanya tenaga kesehatan/tenaga medis saja yang bisa menerimanya. Maklum saja, mereka adalah garda terdepan hadapi virus corona selama sembilan bulan. Terhitung sejak Maret 2020 hingga kini. Dari data terakhir ada 12.760 yang bakal menerima imunisasi ini. Dibagi dalam dua tahap. Penyalurannya pun menyesuaikan jumlah nakes. Samarinda dapat jatah paling banyak. Detailnya begini, Samarinda 6.000 dosis, Balikpapan 4.670, Kutai Kartanegara 3.400 dosis, Kutai Timur 2.600, Berau 1.800 Kutai Barat 1.750, Bontang dan Paser 1.700 dosis, Penajam Paser Utara 1.100 dan Mahakam Ulu 800 dosis.

“Jadi gak langsung dibagi semua. Bertahap. Masing-masing nakes bakal menerima dua kali vaksin,” tambahnya lagi.

Baca Juga: Kabar Baik! Besok, 25 Ribu Vaksin COVID-19 Bakal Tiba di Kaltim 

3. Bersyukur Kaltim kebagian jatah vaksin COVID-19

Samarinda Dapat Jatah Vaksin COVID-19 Paling Banyak di KaltimRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dia menambahkan, warga tak perlu khawatir mengenai vaksin. Semua pasti dapat. Kekhawatiran itu juga dialami semua masyarakat dunia. Kemudian selama menunggu kepastian dari BPOM, vaksin ini bakal disimpan di ruang pendingin gudang vaksin milik Dinas Kesehatan dengan suhu penyimpanan 2-8 derajat celsius sesuai persyaratan.

“Semua manusia di dunia ini berebut. Tapi alhamdulillah kita (Kaltim/Indonesia) bisa dapat,” pungkasnya.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Jatah Kaltim Tiba di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya