Selama Ramadan, Semua THM di Samarinda Dilarang Operasi

Selama Ramadan pemerintah jamin ketersediaan sembako

Samarinda, IDN Times - Dalam hitungan pekan warga Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) kembali bertemu dengan bulan Ramadan. Mendukung bulan suci tersebut, Pemkot Samarinda pun mewanti-wanti agar kebutuhan dasar mulai dari pangan, listrik, dan air berjalan lancar tanpa hambatan.

“Harapan kami sentral-sentral penting (pangan, listrik dan air) harus lancar selama Ramadan agar warga yang menjalankan ibadah puasa bisa fokus dan tidak merasa terganggu,” terang Rusmadi, Wakil Wali Kota Samarinda seperti dilansir dari rilis resmi Pemkot Samarinda, Rabu (7/4/2021).

1. Selama Ramadan stok pangan, ketersediaan air bersih dan suplai listrik dipastikan aman

Selama Ramadan, Semua THM di Samarinda Dilarang OperasiWakil Wali Kota Samarinda Rusmadi saat meninjau pelaksanaan vakisn di Samarinda (Dok. Humas Pemkot Samarinda/istimewa)

Lebih lanjut diterangkan Rusmadi, pemerintah memang wajib memberikan garansi kepastian terhadap ketersediaan sembako, pasokan listrik, hingga distribusi air bersih selama menjalani puasa nanti. Meski demikian warga tetap diminta taat dengan protokol kesehatan 5M.

Niat ini pun sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Agama. Isinya memberikan kelonggaran terhadap aktivitas ibadah selama Ramadan. Termasuk di dalamnya mengatur ibadah tarawih hingga buka puasa dengan prokes COVID-19.

“Artinya surat edaran menteri agama sudah sejalan dengan isi perwali yang sudah kami terbitkan, isinya memberikan kelonggaran aktivitas warga tapi tetap disiplin protokol kesehatan,” imbuh politisi PDI Perjuangan tersebut.

Baca Juga: Berani Parkir Sembarangan di Samarinda? Ini Konsekuesinya

2. Minta camat berkoordinasi dengab lurah dan RT selama Ramadan

Selama Ramadan, Semua THM di Samarinda Dilarang OperasiIDN Times/Gideon Aritonang

Sementara untuk ketersediaan sembako, lanjut wawali, juga tak ada kendala. Dijamin selama 3-6 bulan ke depan stok aman. Bahkan nantinya juga bakal digelar pasar murah selama Ramadan. Tujuannya tak lain agar semua warga bisa melaksanakan ibadah puasa dengan aman dan nyaman.

“Saya juga minta camat dan lurah selalu berkoordinasi dengan RT di wilayahnya,” tegasnya

3. Semua THM di Samarinda tak beroperasi selama Ramadan

Selama Ramadan, Semua THM di Samarinda Dilarang OperasiIlustrasi tempat hiburan malam (Edoardo Tommassini/pexel.com)

Mantan kepala Bappeda Kaltim ini juga menegaskan jika selama Ramadan nanti tempat hiburan malam atau THM bakal tak beroperasi. Sementara untuk pasar Ramadan bakal diatur pemerintah. Mulai dari jam buka hingga pengunjung yang masuk nanti. Intinya, tidak ada kerumunan dan tetap menjaga jarak.

“Termasuk pasar yang kurang teratur pasti akan ditertibkan khususnya yang beraktivitas di atas trotoar jalan raya karena bisa mengganggu arus lalu lintas,” pungkasnya.

Baca Juga: Atasi Banjir Samarinda, Pengamat: Bisa Gunakan Lubang Bekas Tambang

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya