Comscore Tracker

Jelang Nataru, Stok Bahan Bakar dan LPG Pertamina di Kaltim Mencukupi

Distribusi digencarkan, pastikan sentuh hingga pelosok

Balikpapan, IDN Times - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) dan LPG aman.

Meski begitu, sebagai antisipasi terhadap peningkatan konsumsi BBM dan LPG, Pertamina membentuk Tim Satgas Nataru untuk melakukan pengawasan distribusi BBM.

"Pertamina membentuk satgas terhitung mulai 29 November 2021 hingga 10 Januari 2022 di kantor regional dan seluruh lokasi suplai point BBM dan LPG yang tersebar di wilayah Kalimantan," ujar Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Freddy Anwar, dalam konferensi pers akhir tahun, Senin (20/12/2021).

1. Fokus ke daerah yang banyak merayakan natal

Jelang Nataru, Stok Bahan Bakar dan LPG Pertamina di Kaltim MencukupiIDNTimes/Holy Kartika

Diprediksi selama libur Nataru ini BBM hingga LPG mengalami kenaikan. Yakni LPG sebesar 5,8 persen dibanding kondisi normal. Sementara BBM secara umum diprediksi naik di angka 5 persen untuk wilayah Kalimantan. Melihat momennya, pihak Pertamina akan memfokuskan untuk melancarkan distribusi ke beberapa daerah yang paling banyak merayakan Natal. 

Seperti wilayah Kutai Barat, Malinau, dan Mahulu. Selain itu, beberapa daerah pelosok juga diupayakan terus tersentuh stok BBM dan LPG dari Pertamina.

"Betul, kami akan fokuskan ke tempat-tempat yang pastinya paling banyak menggelar perayaan Natal. Intinya semua stok aman," terang Freddy.

Baca Juga: Dinkes Balikpapan Siapkan Antigen Gratis di Puskesmas sampai Januari

2. Antisipasi opsi rencana PPKM

Jelang Nataru, Stok Bahan Bakar dan LPG Pertamina di Kaltim MencukupiIlustrasi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Rupanya persedian stok yang dikumpulkan oleh Pertamina saat ini, yang melebihi stok tahun pada hari normal dikarenakan adanya antisipasi opsi penerapan PPKM di Indonesia. Tak dipungkiri, temuan 3 kasus Omicron di Indonesia tentu membuat pemerintah kembali menaikkan sinyal waspada. 

Maka itu, Pertamina menyediakan stok LPG dan BBM tak hanya karena perayaan Nataru tetapi juga antisipasi jika adanya pembatasan lagi.

"Ini yang masih kami tunggu informasinya dari pemerintah lagi, apakah akan ada PPKM atau tidak. Tetapi kami tetap stok sebagai antisipasi," tuturnya. 

3. Bertabur program untuk mempermudah masyarakat

Jelang Nataru, Stok Bahan Bakar dan LPG Pertamina di Kaltim MencukupiIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sisi menariknya pada perayaan Nataru ini, Pertamina menyediakan beberapa program. Ada program pengisian bahan bakar dengan potongan Rp300 per liter jika pelanggan menggunakan dan melakukan pemesanan melalui aplikasi MyPertamina untuk produk bahan bakar Pertamina Turbo dan Pertamina Dex.

Kemudian ada program antigen gratis untuk masyarakat setiap melakukan pengisian Pertamina Turbo dan Pertamina Dex di SPBU Sepinggan.

"Itu gratis antigen. Inilah beberapa velue ke pelanggan supaya tentunya pelanggan bisa nyaman dalam menyambut Nataru," jelasnya. 

Baca Juga: Dinkes Balikpapan Siapkan Antigen Gratis di Puskesmas sampai Januari

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya