Comscore Tracker

Melawan Obesitas, Ini 5 Cara Jitu Kontrol Nafsu Makan yang Berlebihan!

Kamu pasti bisa!

Balikpapan, IDN Times - Kondisi tubuh yang ingin terus-menerus makan memang bukan hal yang baik. Selain berat badan akan semakin meningkat tentunya terus-terusan makan pun akan menyebabkan berbagai penyakit mudah datang.

Kondisi seperti ini memang tidak seharusnya kamu biarkan begitu saja dan cobalah menerapkan 5 cara di bawah ini untuk diet dan melawan obesitas

Karena semua hal yang berlebihan tentunya kurang baik bagi tubuh, bukan?

1. Makan makanan yang kalorinya cukup

Melawan Obesitas, Ini 5 Cara Jitu Kontrol Nafsu Makan yang Berlebihan!ilustrasi makanan sehat (pexels.com/pixabay.com)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pastikan saat makan semua kalori yang kamu butuhkan memang mencukupi. Untuk mengatasinya cobalah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan serat yang cukup agar perut bisa kenyang tahan lama.

Kamu bisa mengonsumsi beras merah misalnya agar tidak mudah lapar. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan saat perut lapar agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai lemak jahat yang berbahaya bagi tubuh.

2. Jangan diet ketat

Melawan Obesitas, Ini 5 Cara Jitu Kontrol Nafsu Makan yang Berlebihan!ilustrasi sedang diet (pexels.com/Nathan Cowley)

Salah satu pemicu nafsu makan berlebihan adalah kamu melakukan diet ketat. Sayangnya kondisi ini pun hanya bertahan beberapa hari saja, karena setelah itu kamu jadi seolah-olah balas dendam hingga akhirnya nafsu makan jadi tak terkontrol.

Jika memang mau diet, pastikan kamu jangan memaksakan diri dan jalanilah diet dengan sewajarnya dan memang tubuhmu mampu. Jangan melakukan diet ketat karena hanya akan membuat nafsu makan menjadi berlebihan.

Baca Juga: Hidden Gems Balikpapan, Prim's Italian Surganya Makanan Italia

3. Maksimalkan nutrisi

Melawan Obesitas, Ini 5 Cara Jitu Kontrol Nafsu Makan yang Berlebihan!ilustrasi makanan sehat (pexels.com/Valeria Boltneva)

Jika kamu selalu mengonsumsi makanan 4 sehat dan 5 sempurna maka tentunya kondisi kalap karena makanan tidak akan terjadi. Hal ini karena perutmu sudah diisi oleh berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga tubuh pun tidak akan mudah lapar.

Nafsu makan tidak terkontrol biasanya terjadi akibat kamu hanya mengonsumsi karbohidrat saja atau protein saja misalnya. Padahal tubuh sendiri membutuhkan asupan vitamin, lemak dan mineral juga bukan hanya sekadar karbohidrat dan protein saja.

4. Hindari stres

Melawan Obesitas, Ini 5 Cara Jitu Kontrol Nafsu Makan yang Berlebihan!ilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Masalah yang datang dan pekerjaan yang menumpuk memang bisa membuat stres. Ketika stres terjadi biasanya nafsu makan menjadi tinggi dan tidak terkontrol. Oleh sebab itu penting sekali mengelola stres agar kamu tidak terus-terusan makan.

Jangan melegalkan untuk banyak makan karena ingin mengatasi stres. Seharusnya kamu bisa mengelola stres dengan baik agar tidak perlu makan secara berlebihan lagi yang justru akan mengundang berbagai penyakit.

5. Pastikan tidak kurang tidur

Melawan Obesitas, Ini 5 Cara Jitu Kontrol Nafsu Makan yang Berlebihan!ilustrasi tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidur yang cukup akan membuat keinginan untuk makan secara berlebihan menjadi turun. Sehingga pastikan kamu selalu tidur malam minimal 7 jam setiap harinya. 

Hal ini karena saat kamu kurang tidur biasanya nafsu makan menjadi semakin berlebihan dan tidak terkontrol. Terlebih kurang tidur akan membuatmu selalu ingin makan makanan manis sehingga di kemudian hari kamu bisa mengalami obesitas.

So, jangan menganggap sepele keinginan makan yang berlebihan karena bisa mempengaruhi kesehatan. Karena pada dasarnya keinginan makan itu bukan karena lapar saja tetapi banyak faktor lain yang menentukan.

Baca Juga: 20 Tempat Nongkrong Hits yang Ramah Kantong di Balikpapan 

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya