Comscore Tracker

7 Kue Tradisional Khas Banjar yang Nikmat, Favorit untuk Berbuka Puasa

Manis lembutnya pas untuk jadi camilan berbuka

Balikpapan, IDN Times - Pasar Ramadan ramai digelar di berbagai kota dan menyajikan aneka camilan serta makanan untuk berbuka puasa. Begitu juga di Balikpapan. Pasar Ramadan di Kota Minyak diramaikan dengan makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia, karena rata-rata orang Balikpapan adalah pendatang.

Salah satu yang menjadi favorit warga untuk berbuka puasa adalah jajanan khas Banjar, Kalimantan Selatan. Sebagian jajanan khas ini hanya ada saat bulan Ramadan. Apa saja kue tradisional Banjar yang bercita rasa manis dan banyak diburu untuk berbuka puasa? Yuk, simak di sini!

1. Amparan Tatak

7 Kue Tradisional Khas Banjar yang Nikmat, Favorit untuk Berbuka Puasakue khas Banjar, amparan tatak (IDN Times/Hilmansyah)

Kue yang selalu hadir di pasar-pasar kue di bulan Ramadan dan selalu diburu oleh para pembeli di Pasar Ramadan adalah amparan tatak. Kue ini juga dikenal dengan sebutan kue pisang 

Kue ini tampilannya mirip dengan kue lapis, namun memiliki cita rasa berbeda. Teksturnya lembut dan memiliki rasa manis cocok untuk berbuka puasa.

Amparan tatak ini terbagi dua bagian, bagian bawah dan bagian atas. Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini adalah untuk pisang, tepung beras, santan, vanili, tepung sagu, serta daun pandan. Kue ini dimasak dengan cara dikukus. Pisang juga bisa digantikan dengan nangka

2. Bingka

7 Kue Tradisional Khas Banjar yang Nikmat, Favorit untuk Berbuka Puasabingka kentang (IDN Times/Hilmansyah)

Bingka atau wadai bingka memiliki rasa yang sangat manis, lemak dan lembut. Beberapa jenis bingka yang bisa ditemukan di Pasar Ramadan antara lain bingka telur, bingka tape ketan, bingka pandan, dan bingka kentang. Selain itu, juga ada bingka barandam. Juga masih ada bingka dengan berbagai rasa seperti bingka durian, cokelat, dan lainnya.

Bingka terbuat dari tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam. Cara memasaknya dengan dipanggang. Rasanya yang manis dan lembut sangat nikmat untuk sajian berbuka puasa.

3. Sarimuka

7 Kue Tradisional Khas Banjar yang Nikmat, Favorit untuk Berbuka Puasakue sarimuka pandan (yummy.co.id)

Satu lagi kue khas Banjar lainnya adalah sarimuka. Kue atau wadai ini memiliki bahan dasar gula merah dan ketan. Bagian lapisan atas kue ini sangat lembut dan manis. Sedangkan bagian bawah kue ini adalah ketan putih.

Beberapa jenis sarimuka antara lain sarimuka pandan, sarimuka lakatan/ketan sarikaya gula merah. Rasa manis gula merah pada bagian atas kue sangat terasa, namun manis ini kemudian diimbangi degan rasa gurih saat, kue bagian atas dan bawahnya dimakan secara bersamaan. 

4. Lapis India

7 Kue Tradisional Khas Banjar yang Nikmat, Favorit untuk Berbuka PuasaLapis India (IDN Times/Hilmansyah)

Meskipun namanya kue atau wadai Lapis India tetapi ini adalah makanan khas Banjar. Kue ini juga salah satu jenis kue yang jarang diketahui orang. Kue ini berbeda dengan kue lapis biasa.

Kue Lapis India ini memiliki lapisan tipis yang banyak dan memiliki bentuk yang unik meliuk-liuk pada bagian sisinya. Karena meliuk-liuk mirip goyangan India, kue ini disebut lapis India.  Teksturnya lembut dan rasanya begitu sedap dan istimewa. Manisnya kue ini begitu menggugah selera terutama untuk berbuka puasa.

Baca Juga: Hemat ala Anak Kos, Siapkan 10 Stok Makanan Ini di Bulan Ramadan

5. Kararaban

7 Kue Tradisional Khas Banjar yang Nikmat, Favorit untuk Berbuka PuasaKararaban (IDN Times/Hilmansyah)

Kararaban memiliki rasa yang unik karena ada taburan rempah dibagian atasnya, sehingga tidak salah kuliner Banjar ini merupakan kue yang paling dirindukan, karena hanya muncul saat Ramadan atau hari-hari besar saja.

Rasanya yang manis gurih, lembut serta aroma rempah dari adas dan bubuk kayu manis menimbulkan cita rasa khas ini memang begitu nikmat dimakan saat buka puasa di bulan Ramadan.

6. Lapis

7 Kue Tradisional Khas Banjar yang Nikmat, Favorit untuk Berbuka Puasakue lapis hula-hula (resepanekakuelapis.com)

Kue atau wadai lapis banjar yang satu ini berbeda dengan kue lapis India. Kue lapis hula-hula merupakan kue yang sangat tradisional dari Kalimantan Selatan. Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal yang biasanya memiliki warna menarik dan berbeda yang disusun dengan berlapis-lapis.

Campuran bahan kue ini , dengan bahan utamanya yaitu tepung beras. Kemudian ada santan kental, daun pandan, gula pasir, telur, bubuk cokelat, garam dan margarin yang dilelehkan.

Ada beberapa pilihan kue lapis, ada kue lapis cokelat, ada pula kue lapis daun pandan dengan kue berwarna hijau dan kue lapis warna merah putih.

7. Puteri Selat

7 Kue Tradisional Khas Banjar yang Nikmat, Favorit untuk Berbuka Puasakue putri selat (IDN Times/Hilmansyah)

Putri selat merupakan salah satu makanan tradisional asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kue basah tradisional ini lebih nikmat disantap dalam kondisi dingin.

Konon, kue putri selat ini resepnya diciptakan Putri Junjung Buih, puteri dari Kerajaan Banjar. Bahan dasar kue Putri Selat adalah tepung beras, santan, gula, dan agar-agar.

Kue putri selat saat sudah matang lapisan bawahnya berupa ampas kelapa saat diangkat tampak bergelombang karena lembut. Rasa manis dan lembutnya sangat pas untuk dinikmati saat berbuka puasa.

Tak hanya di daerah aslinya, makanan khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan disukai di Balikpapan dan berbagai daerah lainnya. Memang manis legitnya sangat lezat untuk dinikmati saat berbuka puasa. Kamu sudah pernah mencicipi semua kue ini?

Baca Juga: Resep Es Cincau Gula Merah, Segarnya Cocok untuk Berbuka Puasa

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya