Comscore Tracker

7 Film Hollywood yang Murah, tetapi Laris Manis di Pasaran

Udah nonton? 

Balikpapan, IDN Times - Film Hollywood memang selalu ditunggu banyak penonton di seluruh dunia. Aktingnya yang natural hingga alur ceritanya yang bagus menjadi alasan tersendiri bagi pencinta film nih.

Dalam pembuatan film Hollywood ternyata ada juga yang low budget alias murah meriah lho, tetapi laris manis di pasaran dunia. Mau tau apa aja film Hollywood yang low budget tapi sukses di pasaran? Berikut daftarnya gang.

1. Rocky (1976)

https://www.youtube.com/embed/3VUblDwa648

Film "Rocky" merupakan film drama Amerika yang disutradarai oleh John G Avildsen dan dibintangi oleh Sylvester Stallone. Bayangin aja, biaya membuat Film "Rocky"sejumlah 1 juta dolar Amerika berubah menjadi keuntungan maksimal sebanyak 117.2 juta dolar Amerika penayangan di seluruh dunia. 

Film tentang olahraga tinju ini melampaui ekspetasi pencapaian dengan pendapatan yang sangat besar. Aktor muda Stylvester Stallone pun saat itu turut memenangkan Piala Oscar untuk kategori best picture.

2. Saw (2004)

https://www.youtube.com/embed/zaANSeQ3La4

Selanjutnya ada Film "Saw" dengan genre horor thriller mencekam yang disutradarai oleh James Wan. "Saw" hadir dengan budget sebesar 1,2 juta dolar Amerika dan berhasil mendapatkan keuntungan hingga 103,9 juta dolar Amerika. 

Uniknya, film yang disutradarai James Wan ini hanya syuting dalam waktu 18 hari. "Saw" jadi salah satu film horor yang ditandai banyak penyuka film dan kritikus karena debut briliannya. 

Baca Juga: 10 Potret Keindahan Kota Balikpapan, Cantik dan Menawan 

3. The Blair Witch Project (2016)

https://www.youtube.com/embed/girSv9UH_V8

"The Blair Witch Project"  film horor supernatural yang disutradarai oleh Adam Wingard. Film ini adalah film ketiga dalam seri Blair Witch dan sekuel langsung dari film tahun 1999 "The Blair Witch Project". 

Menceritakan sekelompok siswa jurusan film yang mencoba mencari tahu tentang sebuah mitos melegenda yang viral di internet. Film ini menghabiskan biaya sebesar 60 ribu dolar Amerika. 

Tapi siapa sangka, "The Blair Witch Project" ini mampu menghasilkan keuntungan sebesar 246,8 juta dolar Amerika untuk hasil penayangan di bioskop seluruh dunia. Pengeluaran dan pemasukan keren banget kan selisihnya.

4. Slumdog Millionaire (2008)

https://www.youtube.com/embed/AIzbwV7on6Q

"Slumdog Millionaire" sebuah film drama musikal Inggris yang diadaptasi lepas dari novel Q & A (2005) oleh penulis India Vikas Swarup. Dibintangi oleh Dev Patel, "Slumdog Millionaire" mengisahkan seorang pemenang kuis Who Wants to be a Millionaire. 

Budget untuk membuat film yang satu ini sebesar 15 juta dolar Amerika. Namun, keuntungan yang didapat mencapai 377,9 juta dolar Amerika. Angka yang cukup fantastis ini dibarengi dengan prestasi di kancah internasional dan masuk nominasi Academy Awards.

5. Annabelle (2014)

https://www.youtube.com/embed/paFgQNPGlsg

"Annabelle" merupakan film horor supernatural Amerika yang disutradarai oleh John R. Leonetti. Film ini terinspirasi dari kisah boneka bernama Annabelle yang diceritakan oleh Ed dan Lorraine Warren. 

Rupanya film "Annabelle" pertama dibuat dengan biaya sebesar 6,5 juta dolar Amerika. Siapa sangka hasil yang didapat "Annabelle" pasca rilis sebesar 37,1 juta dolar Amerika. 

Kesuksesan tersebut masih berlanjut ke film berikutnya dengan format praquel dengan budget 15 juta dolar Amerika. "Annabelle: Creation" mendapat hasil sebesar 306.5 juta dolar Amerika.

6. The King's Speech (2010)

https://www.youtube.com/embed/EcxBrTvLbBM

Film drama sejarah yang menggandeng Colin Firth dinilai berani oleh para kritikus karena kisahkan ayah Ratu Elizabeth yakni King's George VI. King George VI semasa hidup menderita gagap parah, dan film ini mendapatkan sudut pandang sempurna untuk membuka mata para penonton. 

Film sejarah Inggris ini disutradarai oleh Tom Hooper dengan menghabiskan biaya produksi sebesar 8 juta dolar Amerika dan menghasilkan lebih dari 250 juta dolar Amerika secara internasional. 

Bahkan pada Academy Awards ke-83  dan "The King's Speech" menerima 12 nominasi Oscar.

7. Juno (2007)

https://www.youtube.com/embed/NSXx3alPd44

"Juno" merupakan sebuah film komedi-drama Amerika yang disutradarai oleh Jason Reitman dan ditulis Diablo Cody. Film ini mengisahkan seorang remaja mandiri yang menghadapi kehamilan yang tidak direncanakan dan peristiwa-peristiwa mengejutkan yang memberikan tekanan kehidupan dewasanya. 

"Juno" dibuat dengan budget produksi yang terbilang kecil yakni 7,5 juta dolar Amerika. Tapi film yang menggandeng Michael Cerambycidae dan Elliot Page ini berhasil dapat 231.4 juta dolar Amerika. Sementara filmnya laris banget di pasaran, bahkan hingga mendapatkan sejumlah nominasi Oscar. 

Ketujuh film Hollywood tersebut meski menghabiskan budget banyak tapi sangat populer lho. Hingga beberapa di antaranya mendapatkan nominasi Oscar dan sangat laku banget di pasaran. Inspirasi banget deh. 

Baca Juga: 10 Tempat Nongkrong Hits yang Ramah Kantong di Balikpapan 

pratiwi wii Photo Community Writer pratiwi wii

"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain" Instagram @hestipartwi_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya