Tunjangan Kinerja ASN di Pemkot Banjarmasin dari Rp5 hingga Rp20 Juta

ASN luar daerah banyak yang ingin gabung 

Banjarmasin, IDN Times - Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima banyak permintaan aparatur sipil negara (ASN) luar daerah agar bisa bergabung dan ingin pindah. 

Beragam alasan mengapa ASN ingin bergabung dengan Pemkot Banjarmasin di mana salah satunya tunjangan kinerja yang menjadi daya tariknya. 

1. Setiap tahunnya ada 70 ASN ingin mutasi ke Banjarmasin

Tunjangan Kinerja ASN di Pemkot Banjarmasin dari Rp5 hingga Rp20 JutaKepala BKD Diktat Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto mengungkapkan adanya 70 ASN luar daerah yang mengajukan mutasi. Sebaliknya, yang mengajukan mutasi ke daerah tak sampai separuhnya yakni sebanyak 30 pegawai. 

Meskipun para pegawai ini tidak bisa sembarangan untuk bergabung bersama Pemkot Banjarmasin. Mereka setidaknya harus bisa lolos tes kelayakan. 

"Setiap tahun ada sekitar 70 ASN yang ingin mutasi ke Banjarmasin. Yang lolos tes baru bisa masuk karena menyesuaikan kebutuhan di sini juga, kemudian kita juga harus tahu rekam jejaknya siapa tahu ada yang ada kasus dan lainnya," paparnya.

Baca Juga: Kasus ISPA di Banjarmasin Bertambah 900, Anak-anak Wajib Pakai Masker

2. Mutasi ASN diatur dalam Perwali Banjarmasin

Tunjangan Kinerja ASN di Pemkot Banjarmasin dari Rp5 hingga Rp20 JutaAktivitas ASN lingkungan Pemkot Banjarmasin.

Totok mengatakan, Pemkot Banjarmasin memiliki peraturan wali kota yang mengatur soal mutasi ASN yang akan masuk maupun keluar. Terkhusus yang ingin masuk, ASN harus melalui tes kelayakan.

Totok tak ingin menerima ASN yang bermasalah, pasalnya di Pemkot Banjarmasin banyak menerima laporan yang bermasalah baik skala ringan hingga besar.

Seperti narkoba, bolos kerja dan kemudian kasus selingkuh dan lainnya.

3. Tiga alasan ASN ingin mutasi ke Banjarmasin

Tunjangan Kinerja ASN di Pemkot Banjarmasin dari Rp5 hingga Rp20 JutaAktivitas ASN Pemerintah kota Banjarmasin.

Lebih lanjut, Totok mengungkapkan mayoritas ASN mengajukan mutasi dengan alasan domisilinya yang berasal dari Banjarmasin. Selain itu soal penyegaran dan juga tunjangan kinerja Pemkot Banjarmasin yang dianggap cukup menggiurkan. 

Tunjangan di Banjarmasin memang menjadi daya tarik sendiri. Oleh sebab itu banyak yang ingin mutasi ke Banjarmasin. "Mereka yang datang beralasan ingin dekat rumah, penyegaran dan soal tunjangan," bebernya.

Tunjangan kinerja di Pemkot Banjarmasin untuk rata-rata eselon IV dan lll mencapai Rp5 juta sampai Rp9 juta. Sedangkan jenjang kepangkatan eselon II Rp20 juta ke atas.

Baca Juga: Banjarmasin Persiapkan Proses Belajar Daring Antisipasi Kabut Asap

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya