BKPSDM Seruyan Kalteng Sebut Tidak Ada Rekrutmen CPNS 2023

Hanya membuka formasi PPPK

Seruyan, IDN Times - Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Akhmad Hidayat mengatakan, pada tahun anggaran 2023 ini tidak dibuka formasi untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Berdasarkan informasi yang kita dapat untuk di 2023 ini tidak ada seleksi CPNS, namun hanya membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),“ kata Hidayat seperti diberitakan ANTARA pada Minggu (19/3/2023).

Dia mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Reformasi Birokrasi (RB) Republik Indonesia (RI), pemerintah tahun ini hanya membuka penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

1. Butuh tenaga kesehatan dan guru

BKPSDM Seruyan Kalteng Sebut Tidak Ada Rekrutmen CPNS 2023Ilustrasi guru dalam film Guru-Guru Gokil (Dok. IDN Times/Netflix)

Menurutnya, walaupun tidak ada seleksi CPNS namun dengan adanya seleksi PPPK ini dapat membantu mengatasi kekurangan pegawai di Seruyan. khususnya bagi tenaga pendidikan dan kesehatan karena masih sangat kurang.

“Kita harap dengan adanya PPPK tersebut dapat memenuhi tenaga kesehatan dan pendidik di Seruyan, karena memang untuk hal tersebut kita masih kekurangan,” jelasnya.

Baca Juga: Harga Sembako di Banjarmasin Naik Jelang Ramadan

2. Formasi PPPK belum diketahui

BKPSDM Seruyan Kalteng Sebut Tidak Ada Rekrutmen CPNS 2023kaltimkece.id

Sementara itu, terkait jumlah formasi PPPK yang akan diberikan kepada Kabupaten Seruyan untuk tahun 2023 ini belum diketahui. Saat ini pihaknya diinstruksikan untuk melakukan penginputan data jumlah kebutuhan pegawai di Seruyan untuk kemudian diusulkan kepada Kemenpan RB.

“Kalau jumlah kuota kita belum tahu, kita hanya diminta untuk mengusulkan. Kita diminta untuk menginput sebanyak-banyaknya dari seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang ada, kalau untuk jumlah belum kita rapatkan, biasanya jadwal
penerimaan sekitar Juni,” katanya.

3. Kurangi kekosongan pegawai

BKPSDM Seruyan Kalteng Sebut Tidak Ada Rekrutmen CPNS 2023Operator Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan menginput data calon PPPK yang lulus seleksi tahun 2021. (Dok. Kemenag Sulsel)

Dia menambahkan, pihaknya terus berupaya sehingga formasi yang diberikan pemerintah pusat bisa maksimal sesuai dengan apa yang pihaknya usulkan nanti. Sehingga dapat mengurangi kekosongan pegawai di Seruyan.

“Kita harap usulan kita nanti bisa maksimal, sehingga dengan begitu program tersebut dapat mengatasi kekurangan tenaga kesehatan dan guru di daerah-daerah pelosok Seruyan,” demikian Hidayat.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Kak Niacika, Pendongeng yang Aktif di Banjarmasin

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya