PPU dan UGM Sepakat Kerja Sama dalam Pengembangan Pendidikan

Ingin berkontribusi di IKN

Penajam, IDN Times - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam pengembangan pendidikan pendidikan. Khususnya pula dalam menyambut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku PPU. 

Kesepakatan dituangkan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Plt Bupati PPU Hamdam dan Rektor UGM Panut Mulyono pada Sabtu 16 April 2022 lalu. 

“Telah dilakukan pertemuan antara Plt Bupati PPU Hamdam dengan Rektor UGM Panut Mulyono beserta rombongannya untuk menyerahkan nota kesepakatan kerja sama dalam pengembangan pendidikan,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Setkab PPU Nicko Herlambang kepada IDN Times, Senin (18/4/2022).

1. Kerja sama juga dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat

PPU dan UGM Sepakat Kerja Sama dalam Pengembangan PendidikanIlustrasi kampus UGM (Dok: Humas UGM)

Selain bidang pendidikan, kerja sama yang dilakukan antara PPU dengan UGM tersebut juga dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri beberapa pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkungan Pemerintah PPU seperti asisten satu dan dua, bagian pembangunan, bagian pemerintahan, Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang).

“Hadir pula sejumlah anggota Keluarga Besar Alumni UGM yang ada di PPU dan Balikpapan serta daerah lain di Kaltim yang ikut mendampingi rektor dan rombongan pejabat UGM,” tuturnya.

Ia menambahkan, acara penyerahan dokumen kesepakatan bersama antara pemerintah Kabupaten PPU dengan UGM tersebut dilaksanakan di Guest House Trunen di Sepaku. Kemudian rombongan juga melakukan kunjungan ke lokasi Geodesi atau titik nol IKN Nusantara.

Baca Juga: PPU Meminta Peraturan Teknis tentang IKN agar Segera Diterbitkan

2. Pemerintah buka ruang bagi kampus-kampus terbaik Indonesia mengisi pembangunan di IKN

PPU dan UGM Sepakat Kerja Sama dalam Pengembangan PendidikanPresiden Joko Widodo dan Gubernur Kaltim Isran Noor menuangkan air dari lokasi Kutai Lama dan Paser di lokasi IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto Biro Pers Media Kepresidenan

Pada kesempatan itu, lanjut Nicko, Plt Bupati PPU berharap kerja sama yang sudah ada menjadi hal positif yang bermanfaat bagi PPU dan UGM. Dalam hal ini, Pemkab PPU menyambut baik kehadiran UGM di IKN Nusantara. 

Pemerintah daerah selalu membuka ruang bagi kampus-kampus terbaik di Indonesia agar dapat mengisi pembangunan di IKN Nusantara.

“Harapan kita dunia pendidikan Kaltim khususnya di IKN Nusantara bisa bersaing secara internasional dengan dunia pendidikan yang ada di luar. Harapannya itu terwujud seiring cita-cita IKN sebagai peradaban baru yang merubah wajah Indonesia sekian puluh tahun ke depan,” ucap Nicko.

3. UGM berharap dapat hadir dalam pembangunan IKN Nusantara nanti

PPU dan UGM Sepakat Kerja Sama dalam Pengembangan PendidikanKawasan IKN di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (IDN Times/Yuda Almerio)

Sedangkan Rektor UGM, Panut Mulyono menyambut positif jalinan kerja sama dengan pihak Pemkab PPU. Harapannya agar UGM dapat turut andil dalam mewarnai pembangunan IKN Nusantara di masa mendatang. 

Apalagi dalam hal ini, UGM tercatat menjadi salah satu universitas terbaik dan tertua di Indonesia. Pengalamannya dalam bidang pendidikan sudah tidak diragukan lagi. 

"Sehingga mereka bisa berkontribusi dalam melahirkan serta mengembangkan beberapa sub sektor pendidikan universitas yang bakal hadir di IKN. Kontribusi dimaksud ada beberapa macam aspek karena pengalaman UGM sebagai universitas tertua di Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Lokasi IKN Nusantara, Pemkab PPU 'Dilirik' Kota dan Kabupaten Lain 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya