Sambut Puasa Ramadan,  Penajam Gelar Lomba Pawai Obor  

Ajang silahturahmi dan semangat puasa

Penajam, IDN Times - Menyambut datangnya bulan suci puasa Ramadan 1443 Hijriah, masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Lomba Pawai Obor 2022.

Kegiatan pawai obor menyambut bulan suci Ramadan tersebut diprakarsai Zam-Zam Entertainment bersama Karang Taruna Kelurahan Penajam PPU yang dilaksanakan malam ini, Kamis (31/3/2022).

"Kami Karang Taruna Kelurahan Penajam bersama Zam-Zam Entertainment menggelar lomba pawai agar bulan suci puasa Ramadan tahun ini memberi makna lebih dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Ketua Karang Taruna Kelurahan Penajam Asmadi kepada IDN Times, disela-sela persiapan kegiatan.

1. Menjalin tali ukhuwah islamiyah masyarakat PPU khususnya di Kecamatan Penajam

Sambut Puasa Ramadan,  Penajam Gelar Lomba Pawai Obor  Persiapan panitia lomba pawai obor Penajam 2022 (IDN Times/Ervan)

Ia menerangkan, maksud dan tujuan kegiatan  Lomba Pawai Obor 2022 ini bertujuan menjalin tali ukhuwah islamiyah di antara masyarakat PPU khususnya di Kecamatan Penajam.

“Harapannya, tali silaturahmi islami masyarakat semakin erat apalagi saat bulan suci puasa Ramadan tahun ini,” sebutnya. 

Kegiatan pawai obor jelang Ramadan, menurutnya, rutin digelar setiap tahun di PPU. Selama dua tahun terakhir, acara ini terpaksa ditiadakan menyusul merebaknya pandemik COVID-19. 

Hingga tahun 2022 ini akan digelar seperti biasa. 

Baca Juga: Penimbunan 1,4 Ton Solar Subsidi Dibongkar di Balikpapan dan PPU

2. Dua tahun tidak dilaksanakan akibat COVID-19

Sambut Puasa Ramadan,  Penajam Gelar Lomba Pawai Obor  Ketua Karang Taruna Penajam, Asmadi (IDN Times/Ervan)

Asmadi mengatakan, Lomba Pawai Obor 2022 akan diupayakan rutin gelar jelang datangnya bulan Ramadan. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan di masa pandemik COVID-19. 

Untuk peserta lomba, tambah Asmadi, pihaknya membatasi hanya 10 kelompok atau tim saja, di mana satu kelompok beranggotakan 10 orang. Pembatasan itu dilakukan agar kegiatan menjadi lebih tertib dan lancar  

“Harapannya semoga dengan kegiatan ini masyarakat muslim yang menjalankan ibadah puasa semakin semangat di mana puasa merupakan rukun Islam ketiga yang diperintahkan dan wajib dilaksanakan, untuk menahan hawa dan nafsu yang dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari sebagaimana firman Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 183,” tegas Asmadi.

3. Peserta lomba tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor

Sambut Puasa Ramadan,  Penajam Gelar Lomba Pawai Obor  Lomba Pawai Obor menyambut bulan suci Puasa Ramadhan 2022 (IDN Times/Ervan)

Untuk diketahui, sebutnya, guna menyukseskan kegiatan ini, pihaknya telah menyampaikan surat Izin kegiatan ke Polsek dan  Dinas Perhubungan (Dishub) PPU. Karena kegiatan selain menggunakan jalan umum.

“Semoga dengan adanya lomba pawai obor dalam rangka menyambut dan memeriahkan datangnya bulan suci puasa Ramadan 1443 Hijriah 2022 Masehi ini, dapat menjadi ajang silaturahmi dan memperkuat kecintaan kita kepada agama bangsa dan negara,” harapnya.

Untuk peserta lomba, panitia tidak memperkenankan penggunaan kendaraan bermotor roda dua dan empat atau lebih. Kalaupun ada maka itu bukan bagian dari peserta lomba dan bukan tanggung jawab mereka. 

“Adapun kegiatan ini mengambil star dari Kelurahan Penajam lalu mengambil rute jalan Sukamaju Kelurahan Gunung Seteleng tembus jalan AMD dan kembali ke Kelurahan Penajam sebagai garis finishnya. Juri menilai dari kreasi obor, kekompakan kelompok dan kearifan lokal, setiap pemenang mendapatkan hadiah berupa uang serta piagam,” pungkasnya.

Baca Juga: Tokoh Lokal PPU Berikan Cara agar IKN Tak Timbul Masalah Sosial

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya