Balikpapan Menggelar MTQ se Provinsi Kaltim ke 44

MTQ memperlombakan 10 cabang

Balikpapan, IDN Times - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Balikpapan bersiap menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada 16 - 21 Mei mendatang.

Panitia mempersiapkan 10 lokasi venue di Balikpapan sport convention center (BSCC), Dome Balikpapan, KNPI, rumah jabatan wali kota, rumah jabatan wakil wali kota, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kelurahan Sepinggan Raya, Kesenian Balikpapan, Universitas Balikpapan, dan Universitas Mulia Balikpapan. 

1. Kota/kabupaten di Kaltim siap hadir

Balikpapan Menggelar MTQ se Provinsi Kaltim ke 44Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Balikpapan bersiap menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 tingkat Kaltim, Selasa (18/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Asisten Bidang Tata Pemerintahan Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, seluruh kota/kabupaten di Kaltim menyatakan kesiapannya hadir dalam event MTQ ke 44. Setidaknya terdapat 10 kota/kabupaten ada di Kaltim. 

“14 Mei mulai dilakukan penerimaan kafilah dari 10 kabupaten dan kota di Kaltim yang ketua panitia oleh wali kota," paparnya. 

Sedangkan pembukaan di BSCC Dome tanggal 16 Mei dan penutupan tanggal 21 Mei. 

Baca Juga: Tujuh Bangunan di Balikpapan Ludes Diamuk Si Jago Merah

2. Akan 1000 peserta MTQ Balikpapan

Balikpapan Menggelar MTQ se Provinsi Kaltim ke 44Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Balikpapan bersiap menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 tingkat Kaltim, Selasa (18/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Sekretaris LPTQ Balikpapan Mustaqim mengatakan, MTQ nanti mengambil tema kolaborasi dan sinergi untuk mewujudkan Kaltim baldatun thayyibatun wa rabbaun ghafur dalam bingkai madinatul iman.

“Kafilah peserta MTQ diperkirakan mencapai sebanyak 1000 orang peserta, termasuk panitia penyelenggara. Di mana 1 kabupaten dan kota membawa sebanyak 85 orang peserta,” tukasnya.

Panitia pelaksana menyiapkan transportasi peserta ke venue saja. Sedangkan biaya akomodasi, hotel dan makan ditanggung masing-masing kabupaten/kota.

3. Memperlombakan 10 Cabang

Balikpapan Menggelar MTQ se Provinsi Kaltim ke 44Sekretaris LPTQ Balikpapan Mustaqim, Selasa (18/4/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Untuk MTQ nanti sekitar 10 cabang yang diperlombakan. Adapun kota Balikpapan akan mengikuti 10 cabang yang diperlombakan. pada lalu hanya mengikuti 9 cabang lomba.

“Dalam lomba ini Kota Balikpapan menargetkan masuk 3 besar, di mana pesaing utama Kota Balikpapan adalah Kutai Kartanegara dan Samarinda,” tutupnya.

Baca Juga: Pelabuhan Semayang Balikpapan Berangkatkan 3 Ribu Penumpang 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya