Gudang Elpiji hingga Kain Picu Kebakaran di Pandansari Membesar

Dua saksi dimintai keterangan oleh polisi

Balikpapan, IDN Times - Insiden kebakaran yang terjadi di kawasan Jalan Pandansari RT 20 Kelurahan Marga Sari Kecamatan Balikpapan Barat, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (7/9/2022) dapat diredam jelang petang tadi. 

Itu pun masih terlihat kobaran api membesar di beberapa titik di lokasi kejadian.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Silvia Rahmadania, saat ditemui di TKP mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah bangunan yang terbakar karena masih dalam proses pendataan. 

"Saya belum bisa memastikan berapa, karena posisi di dalam ini gak bisa hitung tapi yang pasti ini satu blok. Ada dua RT yaitu RT 18 dan RT 20," ujarnya kepada awak media. 

1. Gudang elpiji, kain, dan bengkel picu api membesar

Gudang Elpiji hingga Kain Picu Kebakaran di Pandansari MembesarProses pemadaman yang dilakukan oleh relawan (dok. Istimewa)

Dari pantauan media ini di lokasi kejadian, kebakaran terjadi hampir memakan waktu 3 jam lamanya. Hal itu diakui Silvia, yang menyebut api sempat membesar karena terdapat gudang elpiji dan kain di sana. 

"Bahkan yang di depan belum padam karena di depannya bengkel, belakangnya gudang elpiji sempat beberapa kali meledak dan di sampingnya itu toko kain. Jadi agak lama," tuturnya.

Baca Juga: Kebakaran Mengamuk di Kawasan Pandansari, Balikpapan Barat

2. Akses sempit dan dipenuhi masyarakat jadi kendala pemadaman

Gudang Elpiji hingga Kain Picu Kebakaran di Pandansari MembesarLokasi kebakaran dipadati penduduk (dok. Istimewa)

Dalam peristiwa ini, BPBD Kota Balikpapan menurunkan 18 unit mobil pemadam kebakaran. Dibantu tambahan mobil pemadam dari Pertamina sebanyak satu unit dan water canon dari kepolisian.

"Juga semua unsur relawan turun semua berjibaku membantu proses pemadaman," ucapnya. 

Ia mengatakan, selama proses pemadaman berlangsung pihaknya sempat mengalami beberapa kendala. Mulai dari akses masuk hingga situasi lokasi yang padat penduduk. 

"Karena masyarakat terlalu antusias (berada di TKP), jalan juga sempit akhirnya sulit dilalui," kata dia. 

3. Polisi mintai keterangan dua saksi

Gudang Elpiji hingga Kain Picu Kebakaran di Pandansari MembesarIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara untuk asal api, saat ini masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Saat ini polisi telah mengarahkan dua orang saksi untuk memberikan keterangan di Polsek Balikpapan Barat. 

"Untuk saat ini penyebabnya (kebakaran) masih belum dapat kami pastikan, tadi sudah ada saksi yang dimintai keterangan. Dia yang pertama kali melihat api itu muncul," tukas Kapolsek Balikpapan Barat Komisaris Polisi Djoko Purwanto saat ditemui di lokasi kejadian kebakaran.

Baca Juga: Rencana Penataan Lajur Kiri di Turunan Simpang Muara Rapak Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya