Putra Putri Kaltim Bisa Masuk dalam Institusi Otorita IKN Nusantara

Aturan teknis soal IKN Nusantara sedang dibahas

Samarinda, IDN Times - Hampir sepekan pelantikan Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 9/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada 9 Maret 2022 lalu. 

Mantan Wakil Menteri Perhubungan tahun 2009 ini juga ikut berkemah dalam rangka kegiatan kunjungan kerja Presiden RI ke Balikpapan dan Ibu Kota Nusantara Penajam Paser Utara (PPU) sejak 13-15 Maret 2022.

1. Aturan sedang dibahas peraturan pelaksanaan UU IKN

Bambang Susantono saat ditemui diruang VIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan Balikpapan menjelaskan, Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Ibu Kota Nusantara (IKN) berupa peraturan presiden atau rancangan peraturan pemerintah saat ini sedang di garap.

Baca Juga: Ini Testimoni para Gubernur untuk Pembangunan IKN Nusantara

2. Akan dilaksanakan lembaga pemerintahan

Putra Putri Kaltim Bisa Masuk dalam Institusi Otorita IKN NusantaraPresiden Joko Widodo mengunjungi Persemaian Bibit Mentawir di Samboja Kutai Kartanegara Kaltim, Senin (15/3/2022). Foto Biro Pers Kepresidenan

Akan dilaksanakan oleh kementerian lembaga yang menangani seperti Kementerian Bapenas, Kementerian Keuangan, Kemendagri dan semua dalam tahap proses penyusunan.

"Sebagian ada yang masuk tahap uji atau konsultasi publik. Kita akan melakukan konsultasi publik yang proper, sehingga nanti peraturan itu bisa memayungi apa yang menjadi kebutuhan kita bersama," jelas Bambang dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

3. Otorita IKN menunggu peraturan pelaksanaannya

Putra Putri Kaltim Bisa Masuk dalam Institusi Otorita IKN NusantaraPresiden Joko Widodo memberi selamat kepada Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono (kiri) beserta istri dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe serta istri usai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Kamis (10/3/2022). (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Muchlis Jr/wpa/YU.)

Bambang Susantono menambahkan Otorita IKN secara kelembagaan beroperasi penuh dan menunggu peraturan pelaksanaannya selesai terlebih dulu. Setelah itu, segera terbentuk struktur organisasi, dimana diharapkan putra putri terbaik Kaltim menjadi bagian organisasi

"Saya kira yang kami lihat tidak hanya dari organisasi itu sendiri, tapi berbagai kesempatan yang nanti diciptakan oleh otorita seperti peluang ikut serta dalam bisnis secara natural akan terjadi," tandasnya. 

Baca Juga: Suasana Malam di IKN Nusantara Bersama para Pimpinan Negara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya