Comscore Tracker

Bawa Misi Kebhinekaan, Obor Bara Satu Bahasa Tiba di Balikpapan

Tiga obor Bara Satu Nusantara akan bertemu di Jakarta

Balikpapan, IDN Times – Obor Bara Satu Bahasa tiba di Balikpapan, Minggu (23/2) pagi. Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono menyabut obor yang menyimbolkan pemersatu bangsa itu di Lapangan Merdeka.

Diketahui, obor Bara Satu Bahasa merupakan salah satu dari tiga obor Bara Satu Nusantara. Dua obor lainnya bernama Bara Satu Nusa dan Bara Satu Bangsa. Direncanakan, ketiga obor ini akan diarak keliling Indonesia secara estafet atau yang dikenal estafet obor (torch relay).

Secara bersamaan, Obor Bara Satu Nusantara dirilis di tiga kota berbeda pada 2 Februari 2020. Bara Satu Bahasa dirilis di Tarakan, Kalimantan Utara. Kemudian Bara Satu Nusa dirilis di Jayapura, Papua. Sementara Bara Satu Bangsa dilepas dari Sabang, Aceh.

Setelah dirilis, obor Bara Satu Bahasa akan diarak ke berbagai daerah Indonesia bagian tengah. Sedangkan Bara Satu Nusa diarak di Indonesia bagian timur dan Bara Satu Bangsa diarak Indonesia bagian tengah. Dijadwalkan, ketiga obor ini akan bertemu di Jakarta pada Agustus 2020.

1. Obor Bara Satu Nusantara simbol semangat satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

Bawa Misi Kebhinekaan, Obor Bara Satu Bahasa Tiba di BalikpapanMayjen TNI Subiyanto dan Irjen Pol Muktiono berserta jajarannya masing-masing berfoto bersama obor Bara Satu Bahasa. (Sumber: Yonzipur 17/AD)

Adalah sekelompok pemuda bernama Gerakan Satu Nusantara dari Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara yang menggagas Bara Satu Nusantara. Dalam perjalanannya, ada misi dan pesan khusus yang dibawa tiga obor Bara Satu Nusantara.

Bara Satu Nusantara mengajak seluruh masyarakat, khusunya generasi muda di Indonesia, untuk membarakan dan membangkitkan semangat satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. Melalui kampanye #BedaSatukanKita, gerakan ini ingin membangun sebuah semangat bahwa keberagaman dan perbedaan adalah kekayaan bangsa Indonesia.

“Bara Satu Nusantara adalah sebuah ajakan inklusif bagi generasi muda di seluruh Indonesia untuk terus bersatu dan membarakan semangat kebangsaan dan kebhinekaan,” kata Ketua Umum Gerakan Satu Nusantara, A Renard Widarto.

Baca Juga: Atasi Macet, Jalan Alternatif Kilometer 7 Balikpapan Resmi Beroperasi

2. Obor Bara Satu Nusantara dikerjakan alumni SMA se-Indonesia

Bawa Misi Kebhinekaan, Obor Bara Satu Bahasa Tiba di BalikpapanMayjen TNI Subiyanto dan Irjen Pol Muktiono berserta jajarannya masing-masing berfoto bersama obor Bara Satu Bahasa. (Sumber: Yonzipur 17/AD)

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara), David Ratadhi. Kata dia, Bara Satu Nusantara merupakan gerakan untuk HUT Kemerdekaan RI ke-75 dan HUT SMA Taruna Nusantara ke-30.

Namun, dijelaskannya, dalam menggarap Bara Satu Nusantara, Ikastara tidak bekerja sendiri. Mereka dibantu oleh ikatan alumni dari sekolah lainnya yang ada di Indonesia.

“Dengan mengajak Ikatan Alumni SMA lainnya, komunitas dan generasi muda secara luas di seluruh Indonesia, gerakan ini bertujuan untuk menggelorakan dan memperkuat kembali semangat persatuan dan kebangsaan,” jelasnya.

3. Pesan Pangdam dan Kapolda untuk Ikastara

Bawa Misi Kebhinekaan, Obor Bara Satu Bahasa Tiba di BalikpapanKapolda Kaltim dan Pangdam VI/Mulawarman mengunjungi gereja-gereja saat malam Natal (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sementara, Mayjen TNI Subiyanto dan Irjen Pol Muktiono menyatakan, mendukung penuh seluruh rangkaian kegiatan Obor Bara Satu Nusantara. Mereka berharap, apa yang menjadi cita-cita dalam kegiatan tersebut bisa terwujud. Mereka turut menyampaikan pesan untuk Ikastara dan SMA Taruna Nusantara .

“Semoga Ikastara Balikpapan semakin solid dan maju. Untuk SMA TN semoga ke depan dapat meluluskan alumni-alumni yang mampu memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara dan dunia,” ujar Pangdam VI Mulawarman didampingi Kapolda Kaltim.

Baca Juga: Kisruh Bank Bukopin Balikpapan, Nasabah Kembali Lapor ke Polda Kaltim 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya