Comscore Tracker

Perjuangan Novotel Hotel Balikpapan Bertahan di Masa Pandemik

Kebijakan relaksasi dimanfaatkan dengan promo-promo

Balikpapan, IDN Times - Industri perhotelan menjadi salah satu sektor terdampak langsung pandemik COVID-19. Contoh kasus terjadi di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) yang diwajibkan melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 selama beberapa bulan terakhir. 

Kebijakan pemerintah daerah melaksanakan relaksasi menjadi kabar positif bagi jasa perhotelan dalam menggelar berbagai event. 

"Regulasi relaksasi ini sehingga tamu-tamu kami pun berani mengadakan event. Khususnya di bulan September karena memang biasa boking 1 bulan sebelumnya,” terang Senior Sales Manajer Novotel Hotels & Resorts Balikpapan, Randa Noah Bramiko, Minggu (29/8/2021).

1. Pandemik COVID-19 menghantam industri hotel

Perjuangan Novotel Hotel Balikpapan Bertahan di Masa PandemikHotel Novotel Balikpapan Kalimantan Timur. Foto istimewa

Noah mengatakan, pandemik COVID-19 menghantam jasa perhotelan di mana terjadi penurunan drastis jumlah okupansi tamu hotel yang menginap. Masing-masing pemerintah daerah menerapkan aturan ketat perjalanan warga dari luar kota. 

Hotel-hotel di Balikpapan biasanya mengandalkan pendapatan dari kedatangan para tamu dari Jawa dan Bali. 

"Masa pandemik memang masa yang sulit, sehingga kita menggunakan prokes yang ketat," paparnya. 

Sehubungan pelonggaran aturan PPKM di Balikpapan, Noah pun memanfaatkannya dengan menawarkan paket promo pada masyarakat. Paket promo ini diharapkan mampu meningkatkan pemasukan hotel selama masa pandemik ini. 

"Karena ada relaksasi ini makanya kami buat promo, promonya juga cukup bagus karena kami lihat memang ada kebutuhan," ujarnya. 

Baca Juga: Awas, Musim Penghujan Datang dengan Ancaman Banjir di Balikpapan

2. Pihak hotel melakukan promo besar-besaran

Perjuangan Novotel Hotel Balikpapan Bertahan di Masa PandemikRestoran di Hotel Novotel Balikpapan Kalimantan Timur. Foto istimewa

Di tempat terpisah, Marketing Communications Novotel-Ibis Balikpapan, Stella Simanjuntak membeberkan, promo shoking deals merupakan promo besar-besaran yang diberikan oleh Novotel Ibis Balikpapan kepada masyarakat.

"Ini mega deals nya Novotel, juga di mana kita ingin rasa rindu warga Balikpapan yang udah lama nggak keluar kota sejak PPKM," paparnya.

Manajemen Novotel Balikpapan menawarkan promo menginap dengan harga menarik bagi masyarakat. Per malam, tarif hotel berbintang dilepas seharga Rp500 ribu. 

Selain itu juga ada promo food and beverage di antaranya menyajikan ayam bakar jimbaran, tortilla mexico, lychee punch serta black jack.

"Jadi yang gak bisa liburan ke Bali bisa mampir ke Novotel untuk cobain ayam bakar jimbaran terus juga ada tortilla mexico juga ada di sini kalau mau nongkrong sama teman-teman juga bisa cobain, minumannya ada lychee punch dan black jack itu semua harganya ramah dikantong makanan Rp100 ribu aja minumannya mulai dari Rp50 ribu,” sebutnya. 

3. Promo diberikan selama PPKM di Balikpapan

Perjuangan Novotel Hotel Balikpapan Bertahan di Masa PandemikSajian menu makanan di restoran Hotel Novotel Balikpapan Kaltim. Foto istimewa

Pihak Hotel Novotel-Ibis Balikpapan membuka promo selama PPKM berlangsung di Balikpapan tepatnya 26 Agustus hingga 6 September 2021. Hotel ini sudah mengantongi sertifikasi soal keamanan sekaligus kenyamanan guna memberikan rasa aman bagi masyarakat.

"Jadi ya kalau nggak bisa liburan ke luar kota liburnya bisa ke Novotel Balikpapan, tempatnya nyaman kamarnya berkualitas dan sudah ada sertifikasi Allsafe, di mana sertifikasi induk kita Accor menyatakan bahwa hotel kita aman untuk kesehatan dan keamanan,” pungkasnya.

Baca Juga: Pandemik Panjang, Pemuda Balikpapan Nekat Curi Panel Surya Jalanan 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya