Presiden Jokowi Groundbreaking Sejumlah Kantor Bank di IKN

Untuk dukung pembangunan Smart City IKN

Penajam, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo melakukan  Groundbreaking tahap lima berupa pembangunan sejumlah kantor Bank di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kantor yang dibangun yakni kantor Bank Negara Indonesia (BNI), kantor cabang Bank Mandiri Digital Services dan pembangunan kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) International Microfinance Center.

Bangunan kantor BNI di kawasan Mini Financial Center, sementara kantor cabang Bank Mandiri Digital Services dan BRI International Microfinance Center didirikan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

“Untuk mendukung pembangunan Smart City IKN, perlu dilakukan percepatan digitalisasi dalam semua aspek perbankan untuk mempermudah kepentingan masyarakat,” ujar Jokowi di sela-sela groundbreaking, Kamis (29/2/2024).

Kegiatan itu dihadiri Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, Direktur Utama BRI, Sunarso dan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik.

1. Harus dorong semua untuk bertransformasi

Presiden Jokowi Groundbreaking Sejumlah Kantor Bank di IKNPresiden Jokowi bersama pejabat negara dan OIKN Groundbreaking pembangunan gedung BNI di IKN. Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Dikatakannya, tansformasi ekonomi di Nusantara harus bisa mendorong semua untuk bertransformasi dari ekonomi konvensional menuju ekonomi baru, ekonomi digital. dan kelak gedung BNI ini juga akan mengusung konsep blended with nature atau menyatu dengan alam, menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

“Dengan desain dan merespons kontur tanah, sungai yang mengalir dan vegetasi alami di sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk mencerminkan komitmen membangun harmoni antara infrastruktur modern dengan keindahan dan kelestarian alam,” ujarnya.

Menurutnya, infrastruktur perbankan yang baik akan mendukung kemajuan Nusantara, sehingga nantinya akan mendatangkan talent digital terbaik.

Tahap I pembangunan ini diperkirakan akan selesai pada Tahun 2026, mencakup digital branch dan ATM Drive Thru. Dengan langkah ini, Otorita IKN dan BNI memulai upaya menjawab kebutuhan layanan perbankan di Nusantara, serta mendukung visi pemerintah dalam menciptakan pusat pemerintahan yang modern dan berkelanjutan.

Baca Juga: Warga PPU Terima Ganti Rugi Pembangunan Bandara VVIP IKN

2. Infrastruktur perbankan yang baik dukung kemajuan Nusantara

Presiden Jokowi Groundbreaking Sejumlah Kantor Bank di IKNPresiden Jokowi bersama pejabat negara dan OIKN Groundbreaking pembangunan gedung BRI di IKN. Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

 Presiden Jokowi melakukan groundbreaking kantor cabang Bank Mandiri Digital Services. Ia menyatakan, Infrastruktur perbankan yang baik akan mendukung kemajuan Nusantara.

“Sehingga nantinya akan mendatangkan talent-talent digital nomads terbaik," tukasnya.

Sedangkan ketika melaksanakan Groundbreaking kantor BRI International Microfinance Center, Jokowi mengapresiasi BRI yang telah memberikan kemudahan bertransaksi,  khususnya bagi UMKM.

“Semoga semangat itu bisa dibawa ke Nusantara," ucap Jokowi.

Sementara itu, Kepala Otorita IKN,  Bambang Susantono mengungkapkan bahwa dirinya menyambut baik langkah Bank Mandiri. Di mana kehadiran Mandiri Digital Services ini akan membawa dampak positif terhadap perkembangan ekonomi di Nusantara.

“Khususnya dalam menyediakan akses layanan perbankan yang inklusif. Dan kantor Mandiri Digital Services di IKN akan berlokasi di KIPP IKN dengan konsep bangunan hijau dan berbasis digital,” sebutnya.

3. Titik awal perbankan ramah lingkungan dan modern

Presiden Jokowi Groundbreaking Sejumlah Kantor Bank di IKNPresiden Jokowi disela-sela Groundbreaking melihat pembangunan kawasan Mini Financial Center IKN. Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Sedangkan pembangunan gedung BNI di Nusantara diharapkan menjadi titik awal terbentuknya ekosistem perbankan yang tidak hanya efisien, namun juga ramah lingkungan dan modern di kawasan tersebut.

Bambang menambahkan, pembangunan kantor BRI International Microfinance Center merupakan bukti komitmen bersama untuk terus membangun IKN sebagai kota dunia untuk semua.

"Pembangunan BRI International Microfinance Center ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami, bersinergi membangun kota dunia untuk semua, agar nantinya seluruh masyarakat Nusantara dapat merasakan manfaat layanan perbankan yang inklusif dengan mudah," ujarnya.

Langkah ini juga menunjukkan kesiapan otoritas moneter, perbankan, dan sistem pembayaran dalam mendukung pengembangan pembangunan Nusantara serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

4. Berharap dapat berikan kontribusi positif

Presiden Jokowi Groundbreaking Sejumlah Kantor Bank di IKNGroundbreaking pembangunan Kantor BNI di IKN . Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Pada kesempatan sama, Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, menyampaikan, pihaknya berharap hadirnya Mandiri Digital Services ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi dan sosial di Nusantara. Khususnya dalam hal pembiayaan infrastruktur, UMKM dan sektor-sektor strategis lainnya. 

Ia juga menyampaikan bahwa Bank Mandiri membawa tiga inovasi digital unggulan ke Nusantara, termasuk Super App Livin, Wholesale Super Platform Kopra dan Smart Branch. Livin’ by Mandiri telah mencatat lebih dari 18.000 transaksi per detik, sedangkan Kopra by Mandiri dapat memproses lebih dari Rp 1.900 triliun transaksi per detik hingga akhir 2023.

Mandiri Digital Services, lanjutnya, juga akan menjadi one-stop-financial solution dengan layanan digital dan offline, termasuk Smart Branch, Smart Priority Lounge, Auditorium, Co-working Space, dan SPKLU. 

“Layanan offline juga mencakup Point of Service seperti Kantor Cabang di Sepaku dan Penajam Paser Utara, Livin’ Corner di Hunian Pekerja Konstruksi, serta Agen Branchless Banking di wilayah sekitar Nusantara,” urainya.

5. BRI Komitmen sebagai penggerak ekonomi Indonesia

Presiden Jokowi Groundbreaking Sejumlah Kantor Bank di IKNPembangunan IKN Nusantara, Kalimantan Timur (Dok Antara)

Sebelumnya, beber Darmawan Junaidi, Bank Mandiri telah menandatangani nota kesepahaman layanan jasa perbankan dan kerja sama penerbitan kartu kredit Pemerintah dengan Otorita OIKN pada pertengahan 2023.

“Mencakup pembayaran payroll dan e-Money Co-branding sebagai Kartu Identitas Pegawai OIKN,” pungkasnya.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengatakan, komitmen BRI dalam mendukung pembangunan IKN sebagai penggerak ekonomi Indonesia. Pembangunan BRI International Microfinance Center di IKN merupakan wujud dedikasi khusus BRI untuk mendukung sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia.

“Gedung BRI ini mencakup berbagai fasilitas, termasuk BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery dan BRI Community Hub yang nantinya juga akan menyediakan layanan konsultasi, pelatihan serta pendanaan yang terjangkau bagi para pelaku UMKM,” pungkasnya.

Baca Juga: Polisi: Kondisi Mental Pembunuh Keluarga di PPU dalam Kondisi Sehat

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya