Update COVID-19 Kaltim, Penambahan Positif Tertinggi di Balikpapan

Hanya Mahakam Ulu yang berstatus zona kuning

Balikpapan, IDN Times - Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kalimantan Timur bertambah 394 kasus per Sabtu (9/1/2021) ini. Dari data rilis dari Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim kasus tertinggi yakni Kota Balikpapan, yang mencatat bertambahnya 100 kasus positif. Disusul oleh Kutai Timur sebanyak 86 kasus dan Samarinda sebanyak 61 kasus.

Sementara itu, untuk wilayah Berau ada penambahan sebanyak 40 kasus, Kutai Barat sebanyak 49 kasus. Bontang juga mencatat penambahan kasus COVID-19 sebanyak 21 kasus, Penajam Paser Utara 10 kasus, Mahakam Ulu 17 kasus, dan Paser sebanyak 9 kasus.

1. Sebanyak 193 pasien dinyatakan sembuh

Update COVID-19 Kaltim, Penambahan Positif Tertinggi di BalikpapanIlustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Sedangkan, untuk pasien yang telah dinyatakan sembuh COVID-19 sebanyak 193 kasus. Diantaranya Berau ada 33 kasus yang selesai, Kutai Kartanegara 34 kasus selesai, Kutai Timur 30 kasus selesai.

Begitu juga dengan di Kabupaten Mahakam Ulu satu kasus selesai, sementara di Paser empat kasussembuh, dan Penajam Paser Utara 10 kasus. Kemudian di Balikpapan ada 65 kasus selesai isolasi, Bontang 8 kasus, dan Samarinda 8 kasus. 

Baca Juga: Kasus COVID-19 Melonjak, Balikpapan Pertimbangkan Opsi PSBB

2. Tujuh pasien meninggal dunia

Update COVID-19 Kaltim, Penambahan Positif Tertinggi di BalikpapanPetugas pemakaman jenazah pasien Covid-19 di pemakaman terpadu Nenang, PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Pasien meninggal dunia bertambah tujuh kasus, berasal dari Kabupaten Kutai Barat sebanyak tiga kasus, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Balikpapan, dan Bontang masing-masing satu kasus kasus.

Sementara secara total terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 30.118 kasus, yang dirawat sebanyak 4.614 kasus. Total pasien sembuh sebanyak 24.700 kasus, dan yang meninggal dunia sebanyak 804 kasus.

Total kasus suspek juga mengalami kenaikan dengan jumlah 171.939 kasus, kasus discarded sebanyak 140.992 kasus, probable 28 kasus, dan yang masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium sebanyak 801 kasus.

3. Total harian kasus di Kaltim

Update COVID-19 Kaltim, Penambahan Positif Tertinggi di BalikpapanPetugas berbaju hazmat mengantarkan makanan pasien menggunakan ambulans di Asrama Haji Balikpapan (IDN Times/ Fatmawati)

Angka kesembuhan dari COVID-19 mencapai 82 persen dari kasus terkonfirmasi.  Sementara untuk angka positive rate adalah 17,6 dari jumlah kasus yang diperiksa. Saat ini dari 9 kabupaten dan kota di Kaltim hanya Mahakam Ulu yang masuk zona kuning, sedangkan lainnya masih berada di zona merah.

Satgas COVID-19 pun mengimbau masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan 4M, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Baca Juga: Gubernur Isran Noor Imbau Warga Kaltim Bersedia Divaksinasi COVID-19

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya