H-2 Lebaran, Arus Mudik di Terminal Batu Ampar Sepi

Kalah bersaing dengan travel dan taksi plat hitam

Balikpapan, IDN Times - H-2 Hari Raya Idulfitri 1440 H, suasana di Terminal Batu Ampar Balikpapan terlihat sepi. Tidak tampak adanya kesibukan yang berarti, baik kedatangan maupun keberangkatan. Begitu juga di kursi tunggu yang terlihat lengang.

Selain bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang beroperasi di Terminal Batu Ampar ada juga angkutan umum menuju Sepaku, Penajam Paser Utara.

1. H-2 Terminal Batu Ampar Sepi Penumpang

H-2 Lebaran, Arus Mudik di Terminal Batu Ampar SepiIDN Times/M.Idris

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Batu Ampar Balikpapan Irda Haryono menjelaskan, arus mudik tahun ini yang menggunakan jasa transportasi darat Antar Kota dalam Provinsi tidak ada kenaikan dibandingkan tahun lalu, baik yang datang dari Samarinda maupun yang keluar dari Balikpapan.

" Dari data yang ada dan direkap cenderung turun. Turunnya jumlah penumpang di arus mudik tahun ini mencapai 10-15 persen," jelasnya.

Haryono menambahkan, selain angkutan bus, angkutan umum menuju Sepaku Penajam Paser Utara juga tidak ada kenaikan, hanya seperti hari biasanya.

"Seperti hari biasanya saja, tidak kenaikan jumlah penumpang. Kalaupun ada pasti terlihat kursi yang tidak kosong di Terminal Batu Ampar ini," ungkapnya.

Baca Juga: Ini Daftar Tempat Wisata yang Tutup di Hari Pertama Lebaran

2. Bus tersaingi dengan transportasi travel, plat hitam serta taksi online.

H-2 Lebaran, Arus Mudik di Terminal Batu Ampar SepiIDN Times/M. Idris

Sepinya penumpang bus Antar Kota dalam Provinsi di Balikpapan pada arus mudik Lebaran ini akibat banyaknya jumlah travel, serta angkutan yang berpelat hitam serta taksi online.

Hal ini diakui oleh Irda Haryono selaku Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Batu Ampar pada Senin (3/6).

"Bus yang berangkat dari Balikpapan menuju Samarinda paling banyak penumpang mencapai 15 orang saja, bahkan ada bus yang gagal berangkat karena sampai pada waktunya tidak ada penumpang, sehingga digantikan dengan bus giliran selanjutnya" tuturnya.

Kejadian ini bukan pada arus mudik ini saja, melainkan sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu.

3. Posko Terpadu di Terminal Batu Ampar, situasi keamanan kondusif

H-2 Lebaran, Arus Mudik di Terminal Batu Ampar SepiIDN Times/M.Idris

Situasi di Terminal Batu Ampar pada H-2 Idulfitri 1440 H masih dalam keadaan kondusif. Begitu juga di beberapa titik posko terpadu yang ada di wilayah hukum Polsek Balikpapan Utara.

Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Supartono Sudin menjelaskan, meski situasi kondusif, petugas yang piket di Posko tetap melakukan patroli sekitar wilayah yang dijaganya.

"Memang sejauh ini belum ada tindak kejahatan di Terminal Batu Ampar, sepeti copet atau tindakan kriminal lainnya, namun petugas tetap waspada dan berjaga hingga kedatangan bus yang terakhir," terangnya.

Selain itu  Kapolsek Balikpapan Utara juga mengingatkan kepada warga yang akan mudik, untuk periksa semua listrik, kompor, pintu dan jendela, untuk menghindari kejadian kebakaran atau tindakan pencurian saat rumah di tinggal kosong.

Baca Juga: Warnai Lebaran 2019, Saksikan Opera Bakdan Neng Sala di Surakarta

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya