Comscore Tracker

Fesyen dan Kerajinan dari Kalimantan, Tampil Keren di Bali 

Franklin Firdaus, seorang perancang busana asal Kalimantan

Samarinda, IDN Times - Sebagai bagian dari kampanye Unity in Diversity atau Bhinneka Tunggal Ika yang berlangsung sepanjang tahun 2022, resor bintang 5 The Apurva Kempinski Bali mengangkat berbagai kearifan dari Pulau Kalimantan.

Melalui kampanye tersebut, The Apurva Kempinski Bali juga melakukan berbagai kolaborasi dengan para seniman Indonesia, yang dapat mewakili identitas budaya dari setiap daerah yang diangkat. Kali ini, resor tersebut bekerja sama dengan Franklin Firdaus, seorang perancang busana yang berasal dari Pulau Kalimantan, untuk memberikan panggung bagi karya seni pulau tersebut.

1. Perancang asli asal Kalimantan, Franklin Firdaus

Fesyen dan Kerajinan dari Kalimantan, Tampil Keren di Bali Franklin Firdaus (ditengah bagian depan memegang karangan bunga)

Franklin Firdaus yang dikenal atas karyanya melalui label busana Franksland menampilkan berbagai busana inspirasi dari warna dan budaya dari Kalimantan.

Penampilan raga busana yang bertajuk Mystery of Borneo ini diadakan di lobi Pendopo dengan tampilan yang megah dan menyajikan berbagai busana.

Setiap busana dikatakan memiliki arti bahkan cerita tersendiri. Pola setiap desain pun di buat khusus dengan pola, corak hingga desain yang mana di dalamnya terkandung pesan moral tentang keberagaman hingga persatuan untuk bangsa.

Sebagai seorang perancang busana, Franklin Firdaus yang mempelajari fesyen secara autodidak ini ingin menyajikan budaya, tradisi, serta misteri dari tempat kelahirannya. Melalui panggung spektakuler itu, Franklin Firdaus berusaha untuk menampilkan keunikan dari nusantara melalui kreasi.

Tidak hanya melalui panggung kolaborasi, The Apurva Kempinski Bali juga terus memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia dalam pelaksanaan program Unity in Diversity.

“Keindahan budaya Pulau Kalimantan sungguh terpancar melalui panggung kami bersama Franklin Firdaus. Kami harap, melalui acara ini orang-orang dapat semakin mengapresiasi budaya Indonesia,” ujar General Manager, Vincent Guironnet.

Baca Juga: Pelari Samarinda Meninggal Dunia saat Lomba Lari Balikpapan Open 10K

2. Bhineka Tunggal Ika menjadi brand tema

Fesyen dan Kerajinan dari Kalimantan, Tampil Keren di Bali (Istimewa)

Ragam keunikan Pulau kalimantan melalui busana ciptaan Franklin Firdaus yang ditampilkan bertajuk Bhinneka Tunggal Ika yang mana memiliki arti berbeda-beda, namun tetap satu. Dengan maksud, meskipun beragam, bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Pesan itu di ukir dalam setiap pola yang buat di setiap rancangannya.

"Bagi saya Bhinneka Tunggal Ika ini adalah kombinasi kata yang sangat kuat yang merekatkan negara besar ini. Ini sangat menginspirasi saya sebagai Fashion Designer. Jika kita ingin budaya ini tetap dapat dinikmati generasi selanjutnya, kita harus terus melestarikannya. Pada akhirnya kita harus mulai dengan diri kita sendiri, dan menginspirasi orang-orang di sekitar kita," katanya. 

3. Tentang The Apurva Kempinski Bali

Fesyen dan Kerajinan dari Kalimantan, Tampil Keren di Bali istimewa

Berdiri di atas tebing Nusa Dua yang megah, dengan pemandangan Samudra Hindia yang menakjubkan dan taman tropis, The Apurva Kempinski Bali menawarkan lambang kemewahan tepi pantai. Resor bintang lima di Bali ini menampilkan dirinya sebagai teater terbuka yang megah serta perwujudan keanggunan Indonesia.

Koleksi 475 kamar, suite, dan vila ikonik  dipamerkan, dengan 60 persen akomodasi yang memiliki kolam renang kecil pribadi. Dari kuliner yang unik dan perawatan spa asli, hingga ruang pertemuan yang luas dan kapel yang memikat, The Apurva Kempinski Bali adalah panggung spektakuler di mana pengalaman yang dikuratori dihidupkan.

Dibuat pada tahun 1897, Kempinski Resorts adalah grup resor mewah tertua di Eropa. Warisan kempinski yang kaya akan layanan pribadi yang sempurna dan keramahan yang luar biasa. Kempinski terdiri dari portofolio 77 resor dan tempat tinggal bintang lima di 34 negara dan terus menambahkan properti baru di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia dan Amerika. 

Baca Juga: Lapas Narkotika Samarinda Gagalkan Penyelundupan Sabu dengan Drone

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya