BPBD Samarinda Bersiap Menghadapi Datangnya Musim Kemarau

Melakukan penanganan dan mitigasi bencana

Samarinda, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) mulai menyiapkan diri menghadapi musim kemarau yang diprakirakan terjadi pada Juni-September 2023 sambil melakukan penanganan dan mitigasi bencana lainnya.

"Ketika musim kemarau, bencana yang rawan terjadi adalah kebakaran lahan dan lainnya, sehingga hal utama yang kami siapkan antara lain peralatan pemadam dan kendaraan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Samarinda Suwarso diberitakan Antara di Samarinda, Kamis (30/3/2023).

1. Pengecekan peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan

BPBD Samarinda Bersiap Menghadapi Datangnya Musim KemarauIlustrasi penanganan karhutla (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Untuk peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dilakukan pengecekan pada setiap komponen, agar tidak macet saat hendak digunakan berkaitan dengan karhutla dan sejenisnya, karena peralatan tersebut jarang digunakan mengingat musim hujan selama ini cukup panjang.

Terkait dengan penanganan karhutla, meski di Samarinda minim hutan, katanya, peralatan tetap harus tersedia karena untuk kewaspadaan, termasuk untuk membantu daerah di perbatasan dengan Samarinda, jika memang diperlukan.

Baca Juga: Ini Lokasi Pasar Murah yang Digelar di Samarinda dan Kukar

2. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo

BPBD Samarinda Bersiap Menghadapi Datangnya Musim KemarauIlustrasi (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Ia mengaku masih ingat pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana pada 2 Maret lalu, yang memberikan instruksi bahwa penanganan bencana harus dilakukan dengan respons cepat, tidak mengenal kewilayahan, sehingga koordinasi harus selalu dikedepankan.

Untuk itu, katanya, mengingat secara administrasi Kota Samarinda dikelilingi oleh Kabupaten Kutai Kartanegara, maka jika daerah perbatasan atau dekat dengan perbatasan terjadi karhutla, pihaknya tentu akan langsung melakukan koordinasi untuk turut membantu penanganan.

3. BPBD Samarinda koordinasi dengan BPBD setempat

BPBD Samarinda Bersiap Menghadapi Datangnya Musim Kemarauilustrasi Petugas BPBD distribusikan makanan buat warga korban banjir (IDN Time/istimewa)

Ia mencontohkan, ketika terjadi banjir besar di Kabupaten Paser dua pekan lalu, BPBD Samarinda langsung koordinasi dengan BPBD setempat untuk membantu melakukan penanganan, baik dari sisi peralatan, personel, maupun hal lain yang dibutuhkan.

"BPBD Provinsi Kalimantan Timur pun telah memfasilitasi melakukan perjanjian kerja sama dengan seluruh BPBD di kabupaten/kota, untuk saling berkoordinasi dan membantu jika terjadi bencana, termasuk patroli bersama di kawasan perbatasan dalam rangka mitigasi," ujar Warso.

Baca Juga: Pemprov Kaltim akan Bantu Pembangunan Infrastruktur di Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya