Buntut Kebakaran Kilang Balikpapan, Polisi Periksa 8 Pekerja Pertamina

Proses penyelidikan masih berlangsung

Balikpapan, IDN Times - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya diterjunkan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran Kilang Pertamina Internasional RU V Balikpapan pada Jumat 4 Maret 2022 lalu. 

Polda Kalimantan Timur (Kaltim) masih dalam proses penyelidikan penyebab kebakaran tersebut.

Kabid Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Yusuf Sutejo menyatakan, tim Labfor sudah melakukan olah TKP untuk mengumpulkan alat bukti serta meminta keterangan sejumlah saksi-saksi di lokasi kejadian.

“Pengumpulan alat bukti dan saksi yang diperiksa Polresta ini akan diolah sebagai fakta hukum yang nanti akan bisa dipublikasi, juga terkait SOP Pertamina itu sendiri,” terang Yusuf, pada Rabu (9/3/2022) siang.

1. Delapan pekerja Pertamina diperiksa sebagai saksi

Buntut Kebakaran Kilang Balikpapan, Polisi Periksa 8 Pekerja PertaminaKabid Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Yusuf Sutejo. Foto istimewa

Untuk barang bukti yang dibawa oleh tim Labfor sendiri, pihaknya tidak bisa membeberkan apa saja. Namun dipastikan barang bukti yang diamankan berkaitan dengan kebakaran yang terjadi di area kilang minyak tersebut.

Selain itu, sudah ada delapan saksi yang diperiksa dalam insiden yang terjadi di wilayah objek vital nasional tersebut.

“Saksi ada 8 orang yang merupakan pekerja Pertamina, dan itu terjadi di lingkup kerja mereka, dan itu bukan tempat umum,” pungkasnya.

Baca Juga: Kilang Pengolahan BBM Pertamina Balikpapan yang Terbakar 

2. Tim investigasi sudah diterjunkan

Buntut Kebakaran Kilang Balikpapan, Polisi Periksa 8 Pekerja PertaminaKilang minyak Pertamina Balikpapan dalam proses pendinginan. Foto istimewa

Untuk diketahui, usai kebakaran yang sempat menghebohkan warga Kota Balikpapan ini padam, tim investigasi dari internal Kilang Pertamina Internasional RU V Balikpapan langsung diterjunkan. Selain itu tim dari Polresta Balikpapan dan Polda Kaltim turun melakukan investigasi ke lapangan.

Pertamina Balikpapan juga sudah menerjunkan tim internal guna menginvestigasi penyebab kebakaran kilang minyak ini. Proses pendinginan dilakukan di lokasi kilang yang terjadi kebakaran. 

Saat kejadian pabrik yang mengalami kebakaran tersebut sedang beroperasi normal melakukan pengelolaan minyak seperti biasa.

3. Peristiwa kebakaran kilang minyak Balikpapan

Buntut Kebakaran Kilang Balikpapan, Polisi Periksa 8 Pekerja PertaminaKebakaran kilang minyak Pertamina Balikpapan Kaltim. Foto istimewa

Kebakaran di area kilang minyak Balikpapan terjadi sekitar pukul 10.32 Wita, lokasinya di salah satu pabrik yang disebut Plant 3B, tepatnya di salah satu pabrik pengelolaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar.

Kondisi pada pukul 11.00 Wita api sudah dapat dikendalikan dengan mengerahkan 4 mobil pemadam kebakaran, dan pemadam statis yang langsung bekerja saat terjadi kebakaran.

Baca Juga: Polisi Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina di Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya