Comscore Tracker

Pandemik COVID-19 Memanas di Kaltara, Gubernur pun Ikut Terpapar

Jubir Satgas COVID-19 Kaltara membenarkan

Balikpapan, IDN Times - Pandemik COVID-19 di Kalimantan Utara (Kaltara) merangkak naik jumlah pasien terpapar virus. Ibu kota provinsi di Bulungan terdapat 139 pasien yang dinyatakan terkonfirmasi COVID-19. 

Seorang turut terpapar adalah Gubernur Kaltara Zainal  Arifin Paliwang (51) berinisial Bul 4200 ZAP beralamat di Jalan Enggang Bulungan. Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Kaltara Agus Suwardy membenarkan mengonfirmasi gubernur dan istri terpapar COVID berdasarkan pemeriksaan tes swab PCR (polymerase chain reaction) pada 9 Juli 2021 lalu. 

“Dinkes Bulungan sudah mengambil sampel swab dari Bapak Gubernur beserta istrinya, bahkan sudah dilakukan pemeriksaan di lab PCR milik Dinkes Provinsi Kaltara,” katanya, Minggu (11/7/2021). 

1. Hasil uji swab PCR Gubernur Kaltara positif COVID-19

Pandemik COVID-19 Memanas di Kaltara, Gubernur pun Ikut TerpaparSeorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Agus mengatakan, hasil uji swab PCR Gubernur Kaltara dan istri positif terpapar virus COVID-19. Dari hasil pemeriksaan diketahui, poin cycle threshold (CT) value hasil PCR Gubernur Kaltara dan istrinya  di bawah 40.

Uji tes ini mengindikasikan mereka berdua positif COVID-19.

Meskipun begitu, menurut Agus, tes CT Value tersebut sudah di atas angka 30. Artinya, mereka berdua tidak berpotensi terjadi penularan serta menuju proses penyembuhan. 

“Tapi nilainya (CT Value) itu sudah di atas 30, artinya tidak berpotensi terjadi penularan dan menuju kesembuhan,” tegasnya. 

Baca Juga: Polisi Tangkap Dua Kapal Berisi Kayu Ilegal di Kaltara 

2. Tidak bisa dipastikan di mana gubernur terpapar COVID-19

Pandemik COVID-19 Memanas di Kaltara, Gubernur pun Ikut TerpaparAktivitas Gubernur Kaltara selama pandemik COVID-19 berlangsung. Foto istimewa

Kondisi Gubernur Kaltara dan istri, kata Agus berangsur-angsur membaik tanpa ada gejala. Selain itu, Gubernur dan istrinya sekarang ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah jabatan.

“Kami harap tidak ada informasi simpang siur tentang hal ini, dalam waktu dekat Insya Allah gubernur akan menyampaikan secara langsung di medsos, jadi kita berdoa saja agar Bapak Gubernur dan keluarga semakin sehat dan disembuhkan,” bebernya.

Belum bisa dipastikan di mana pastinya Gubernur Kaltara terpapar COVID-19. Gubernur sempat melakukan kunjungan kerja ke Desa Apau Kayan Malinau yang terdapat kasus COVID-19. 

Agus enggan berspekulasi lebih jauh terkait kapan dan di mana Gubernur Kaltara terpapar.

3. Kemungkinan Gubernur Kaltara sudah lama terpapar

Pandemik COVID-19 Memanas di Kaltara, Gubernur pun Ikut TerpaparAktivitas Gubernur Kaltara selama pandemik COVID-19. Foto istimewa

Namun jika melihat kondisi kesehatan gubernur, Agus menilai, Gubernur Kaltara sudah lama terinfeksi virus COVID-19. Kondisinya saat ini sudah dalam proses penyembuhan. 

Sehingga, sulit menentukan kapan pastinya sumber paparan virus. 

“Paparan COVID-19 ini sulit ditentukan dan kapan waktunya. Namanya pejabat memang berisiko besar karena harus bertemu banyak orang, walau sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” terang Agus.

Sesuai prosedur penanganan COVID-19, akan dilakukan tracing dan pemeriksaan terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan gubernur dan istri.

“Untuk kontak erat masih dalam tahap tracing dan pemeriksaan, hal ini sesuai dengan prosedur dan memang harus dilakukan tracing,” ujarnya.

Baca Juga: WNA Jerman Ditangkap di Kaltara dengan Bukti Permen Ganja

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya