Top Hyperlokal Kemarin, Kasus Sifilis Banten hingga Sampah Banjarmasin

Kasus reklamasi di Polda Bali belum ada titik terang

Hyperlocal IDN Times kini tersebar di 12 provinsi di Indonesia. Setiap hari secara rutin memberikan informasi di daerah masing-masing. Berikut kami rangkum artikel top hits hyperlokal, Minggu (28/5/2023). 

 

1. (Bali) Polda Bali Belum Gelar Perkara Reklamasi Pantai Melasti

Kasus reklamasi Pantai Melasti belum juga menemui titik terang. Pasalnya, Selasa (17/1/2023) lalu, Kepolisian Daerah (Polda) Bali yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Bali, Kombespol Stefanus Satake Bayu Setianto, menyatakan akan segera melakukan gelar perkara.

Jawaban yang sama juga diungkapkan kembali, pada Jumat (26/5/2023). Penyidik akan segera melakukan gelar perkara untuk menentukan tersangka. Dalam kasus yang ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Bali ini, pihak terlapornya adalah Direktur PT Tebing Mas Estate bernama I Made Sukalama (IMS). Selengkapnya baca di sini.

2. (Banten) Banten Daerah Peringkat ke-6 Terbanyak Kasus Sifilis

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat Provinsi Banten menjadi salah satu daerah penyumbang kasus sifilis atau raja singa tertinggi di Indonesia. Banten sendiri berada peringkat ke-6 terbanyak kasus penyakit kulit dengan 1.145 kasus.

Sementara untuk lima daerah teratas, yakni Provinsi Papua 3.864 kasus, Jawa Barat 3.186 kasus, DKI Jakarta 1.897 kasus, Papua Barat 1.816 kasus, dan Bali - 1.300 kasus. Selengkapnya baca di sini.

3. (Kaltim) Pemkot Banjarmasin Dipusingkan Persoalan Buang Sampah

Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) bertindak tegas dalam penanganan pembuangan sampah di masyarakat. Penerapan tindak pidana ringan (tipiring) pun terpaksa diterapkan, meskipun belum memberikan efek jera kepada masyarakat. 

Sebagian besar titik tempat penampungan sementara (TPS) di Banjarmasin berada di pinggir jalan. Namun ada juga lahan kosong yang dijadikan TPS oleh warga. Selengkapnya baca di sini.

4. (Jatim) 5 Kolam Renang Terbaik di Jember, Selalu Ramai Pengunjung!

Kolam renang merupakan destinasi wisata yang diminati oleh banyak kalangan dari berbagai daerah. Sehingga, seluruh daerah di Indonesia sudah memiliki wisata kolam renang, tak terkecuali Jember. Jumlah kolam renang di Jember juga sangat banyak, dan tersebar di berbagai kecamatan.

Namun ternyata ada kolam renang terbaik di Jember yang tak pernah sepi pengunjung. Kolam renang tersebut memiliki tempat yang bersih, luas dan fasilitas umum yang memadai. Adapun kolam renang terbaik di Jember akan dijelaskan pada ulasan berikut. Selengkapnya baca di sini.

5. (Jabar) Helikopter Diduga Milik TNI Jatuh di Rancabali Kabupaten Bandung

Helikopter yang diduga digunakan TNI berlatih jatuh di kawasan perkebunan teh Ciwalini, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Minggu (28/5/2023). Dalam sebuah video yang tersebar di WhatsApp Grup (WAG), terlihat anggota TNI terluka dan mendapat pertolongan warga. Selain itu tampak pesawat kecil yang terbakar.

Selain itu ada juga potongan video memperlihatkan seseorang yang dibantu warga naik ke mobil ambulans. Korban terlihat tergelak, tapi masih sadarkan diri. Selengkapnya baca di sini.

6. (NTB) Kisah Munjizun, Anak Gembala dari Lombok Raih Gelar Doktor di Amerika

Nama Ahmad Munjizun sedang viral di media sosial. Mahasiswa asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu berhasil meraih gelar doktor di Negeri Paman Sam, North Carolina State University, Amerika Serikat.

Ahmad Munjizun lahir di Desa Batunyala, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Ia merupakan alumni S1 Fakultas Peternakan Universitas Mataram (Unram). Kemudian melanjutkan studi S2 melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ke University of Queensland, Australia. Pada 2019, Munjizun melanjutkan studi S3 ke North Carolina State University, Amerika Serikat. Selengkapnya baca di sini.

7. (Sulsel) Gakkum LHK Sita Puluhan Burung Dilindungi di Gowa-Makassar

Petugas Balai Penegakan Hukum (Gakkum) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sulawesi Selatan, menyita puluhan burung dilindungi dari dua daerah, yaitu Kabupaten Gowa dan Kota Makassar.

Hewan disita oleh tim Operasi Pengamanan, Peredaran Hasil Hutan, Tumbuhan dan Satwa Liar Balai Gakkum LHK Sulsel, Kamis (26/5/2023). Penyitaan masing-masing di Jalan Syekh Yusuf Kabupaten Gowa dan Jalan Rahmatullah Kota Makassar. Selengkapnya baca di sini.

8. (Yogya) Warganya Dikeroyok, Ratusan Pesilat Geruduk Polres Bantul

‎Ratusan warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) mendatangi Polres Bantul. Mereka mendesak aparat penegak hukum ini segera menangkap pelaku pengeroyokan yang dilakukan oleh suporter salah satu klub sepak bola di DIY terhadap korban Ali Susanto Joko Saputro yang juga warga PSHT, pada Minggu (28/5/2023).

Pengeroyokan tersebut menyebabkan korban mengalami luka sabetan senjata tajam di bagian tangan dan kepala dan harus mendapatkan belasan jahitan. Selengkapnya baca di sini.

9. (Sumsel) Mantan Jurnalis Ogan Ilir Bawa 3 Gagasan Anak Muda Lewat Pileg 2024

Kiprah anak muda dalam perpolitikan Sumatra Selatan (Sumsel) kian dilirik. Generasi muda ramai-ramai mendaftar ke partai politik (Parpol) agar bisa turut serta dalam pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Seorang anak muda yang maju dalam pesta demokrasi itu adalah Melly Puspita, mantan jurnalis di Bumi Sriwijaya. Melly menggunakan haknya sebagai warga negara untuk ikut andil dalam kontestasi Pileg di kampung halamannya, Kabupaten Ogan Ilir (OI). Selengkapnya baca di sini.

10 (Jateng) 5 Fakta Kota Lama di Semarang yang Jarang Orang Tahu

Selain sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang juga terkenal dengan destinasi wisata yang cukup banyak. Salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal adalah kawasan Kota Lama.

Kawasan ini terkenal karena mempunyai arsitektur bangunan kuno Belanda dan spot untuk berfoto yang cukup banyak. 

Selama ini orang mungkin hanya mengetahui kawasan ini merupakan destinasi wisata. Padahal kawasan ini mempunyai beberapa fakta yang mungkin belum banyak orang tahu. Selengkapnya baca di sini.

11. (Sumut) Cerita Jacky Raju Sembiring, Bawa Kulcapi 4 Senar di Panggung IGT 2023

Karo menjadi salah satu Etnis di Sumatra Utara yang kaya akan budaya. Salah satu yang menjadi ciri khas Karo adalah musik tradisionalnya.

Gempuran modernisasi menjadi tantangan. Berpotensi memunahkan kekayaan budaya musik Karo.

Adalah Jacky Raju Sembiring. Seorang millennnials asal Karo yang kini konsisten memopulerkan musik Karo. Dia memilih kulcapi sebagai media sosialisasi budaya Karo. Bukan kulcapi dua senar yang biasa dipakai. Melainkan, empat senar yang diciptakannya dari buah pemikiran panjangnya. Selengkapnya baca di sini.

12. (Lampung) Rekomendasi Hotel Dekat Bandara Radin Inten II Lampung, Murah Meriah! 

Bandar udara utama Provinsi Lampung adalah Bandara Radin Inten II. Bandara ini berlokasi di Jalan Branti Raya, Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Hanya sekitar 14 km dari Kota Bandar Lampung.

Jika kamu dari luar daerah dan mendapat penerbangan pagi tak perlu khawatir, karena terdapat banyak hotel dan penginapan sekitar bandara. Kali ini IDN Times akan bagikan rekomendasi hotel atau penginapan di sekitar Bandara Radin Inten II! Selengkapnya baca di sini.

Kamu juga bisa membaca artikel lainnya di masing-masing kanal Hyperlocal IDN Times. Selamat membaca

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya