Comscore Tracker

[BREAKING] Andi-Rusmadi Menang Pilkada Samarinda Versi LSI Denny JA

Pasangan Andi Harun-Rusmadi tak ingin jemawa

Samarinda, IDN Times - Pilkada Samarinda segera menemui babak puncak. Dari hasil hitung cepat Pilkada Samarinda 2020 oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, telah rampung 100 persen. Berdasarkan data akhir hitung cepat tersebut, pasangan Andi Harun-Rusmadi Wongso mengemuka sebagai pemanang.

"Hasil ini sesuai dengan penghitungan dengan metode yang bisa dipercaya. Tapi kami tak ingin jemawa," ujar Helmi Abdullah, Ketua Tim Pemenangan Andi Harun-Rusmadi kepada sejumlah media di Jalan Basuki Rahmat pada Rabu (9/12/2020) sore.

Data terakhir hitung cepat LSI Denny JA pada Pilkada Samarinda 2020 adalah pada pukul 17.10 Wita.

Dari 100 persen data masuk tersebut, pasangan calon wali kota/wakil wali kota Samarinda, Andi Harun-Rusmadi Wongso, unggul tipis 35,6 persen.

Pasangan calon nomor urut 2 tersebut dibuntuti Zairin Zain-Sarwono, pasangan nomor urut 3, yang meraih 34,3 persen suara. Sedangkan pasangan nomor urut 1, Barkati-Darlis Pattalongi, meraih 30,1 persen suara.

Hitung cepat tersebut menunjukkan hasil yang sangat tipis. Karena antara peraih suara tertinggi dan terbanyak kedua, hanya selisih 1,3 persen. Sedangkan antara suara tertinggi dengan terendah selisih 5,5 persen.

Hingga saat ini, proses rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU masih berlangsung. Yang mana sesuai tahapan, dilangsungkan hinga 26 Desember 2020. Selama rentang waktu tersebut, apapun masih bisa terjadi mengingat selama ini hasil hitung cepat tak sepenuhnya 100 persen akurat.

Pergeseran suara akhir kerap terjadi. Apalagi dengan situasi selisih antara pasangan calon yang sangat tipis.

"Sekali lagi alhamdulillah, terima kasih atas dukungannya," pungkasnya.

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya